Saturday, October 18, 2008

Cara Belajar Efektif

Kita sebagai pelajar sering kali mengalami kendala dalam hal mempelajari pelajaran di sekolah. Terkadang kita sama sekali tidak mengerti materi apa yang disampaikan guru, karena tidak mengerti kita lebih memilih untuk berbicara dengan teman sebangku, atau membuat kegaduhan di kelas. Halini sebenarnya dapat dicegah. Untuk mengubah semua itu jalan keluarnya ada ditangan kita masing-masing. Kita harus membuang kebiasaan-kebiasaan jelek yang biasa kita lakukan. Contohnya : sering menunda-nunda untuk mengerjakan PR yang diberikan guru, yang akhirnya PR berubah menjadi PS alias Pekerjaan Sekolah. Malah yang lebih parah tidak mengerjakan PR sama sekali.
Ada beberapa tips yang ingin saya sampaikan mengenai cara belajar efektif. Sebenarnya tiap orang memiliki pola dan cara belajar yang berbeda-beda. Tapi saya akan menyampaikan beberapa tips yang sudah teruji dan saya sudah mencobanya.
Tips-tips itu adalah :

Pertama, jadikan belajar sebagai kebutuhan. Dengan demikian kita akan merasa senang saat belajar.

Kedua, usahakan untuk selalu mengulang-ulang materi yang telah diberikan guru. Mempelajari materi yang akan disampaikan guru juga sangat bermanfaat.

Ketiga, kerjakan tugas yang diberikan guru tepat pada waktunya. Jangan ditunda-tunda.

Keempat, konsentrasi saat guru menyampaikan materi. Jka tidak mengerti, tanyakan pada gurunya langsung. Jika malu tanyakan pada teman yang dianggap bisa. Intinya jangan hanya diam.

Keliama, buatlah rangkuman yang mudah dipahami, dengan rangkuman ini kita akan sangat membantu.

Yang terakhir, tapi bukan yang paling akhir. Berdoalah sebelum dan sesudah belajar. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha tapi Allah-lah yang menentukan hasilnya. Hitung-hitung dengan berdoa apa yang kita lakukan insyaallah akan menjadi amal ibadah.
Kalau saya rumuskan akan terbentuk rumus P U T E R :

P ahami materi
U langi terus materi pelajaran
T erapkan materi pelajaran
E fisien menggunakan waktu
R angkum materi yang ada.

Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru