Mengatasi Sikap Pemalu

Pada umumnya setiap orang memiliki sikap pemalu, namun kadarnya di setiap orang berbeda. Sebagian dari kita ada yang memiliki sikap pemalu yang berlebih. Jika sudah berlebih begini, tentu kita akan mengalami kerugian trsendiri, kita jadi menutup diri, sulit untuk membangun persahabatan, atau takut untuk memulai perckapan. Nah untuk itu kita perlu berusaha untuk memperabaiki diri agar kita jadi lebih percaya diri.
Sikap Pemalu jika tidak pada tempatnya bisa jadi Penghambat



Sikap pemalu bisa kita lihat dari beberapa contoh kejadian berikut, Bila kita bertemu seseorang kita jarang untuk menyapa duluan, jika bertemu dengan orang yang dikenal berharap tidak diliat, tidak nyaman saat berhadapan dengan banyak orang sekaligus, merasa lega jika orang yang kita kenal pergi menjauh.

Baca juga:
Kepribadian Judging - Perceiving
Kepribadian Thinking - Feeling
Kepribadian Sensing-Intuition
Kepribadian Extrovert - Introvert

Dari Buku Gaul - Meraih lebih banyak kesempatan yang ditulis oleh Eileen Rachman & Petrina Omar. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Dijabarkan, Untuk menghindari rasa bersalah, berbagai alasan untuk meyakinkan diri sendiri pun dibuat, seperti dengan mengatakan:
Sumber Gambar: Tokopedia


  • Memang dasarnya saya pemalu
  • Saya tak bisa basa-basi
  • Saya susah ngobrol dengan orang lain, atau nanti kalu sudah asyik, saya tidak bisa menghentikan pembicaraan.
  • Saya ngak enak kalau harus minta tolong
  • Saya butuh privasi
  • Saya sibuk
  • Saya sulit menemukan topik pembicaraan dengan orang yang sudah lama tidak kontak dengan saya
  • Nanti kalau ada urusan yang serius, toh, saya akan berhubungan dengannya.
Dengan banyak alasan yang telah kita buat dalam hati dan pikiran tersebut, tentunya kita akan merasa itu adalah hal yang wajar, bisa dimaklumi atau bisa ditolerir. Tapi jika kita sering membuat alasan seperti diatas, setidaknya kita harus sadar diri, dan berusaha untuk memperbaiki diri untuk lebih membuka diri. Jika sudah memiliki kareakter sikap pemalu, untuk berubah disasa sangat sulit dan berat, tapi jika kita menginginkannya kita bisa merubah sikap pemalu kita secara perlahan namun pasti.
Masih dalam buku yang sama, diberikan beberapa Tip Bagi Pemalu, berikut tip tersebut:
  • Buat sasaran yang lebih kongkret. Misalnya, pada setiap pertemuan, Anda lebih dulu menegur 2 orang yang tak Anda kenal
  • Buatlah langkah-langkah kecil. Anda tidak perlu langsung berharap bisa berdiri di depan publik atau di pintu gerbang dan menyalami semua orang. Langkah kecil bisa berupa senyum dan melakukan kontak mata. Ini akan menarik simpati. Orang yang tertarik pada Anda akan menghampiri dan menegur Anda.
  • Mulailah pertemuan dengan pertanyaan terbuka dan pujian yang tulus. Simpati yang datang akan mempermudah Anda bergaul
  • Hafalkan skrip tertentu. Dengan skrip yang khas dan diucapkan dengan lancar, Anda akan tampil sebagai orang yang tidak salah tingkah
  • Hindari kelompok besar yang sedang berkerumun. Anda lebih baik memulai percakapan satu lawan satu
Dari tips diatas setidaknya kita bisa membuat langkah kecil, belajar untuk lebih percaya diri secara perlahan. Perubahan yang dilakukan tidak perlu merubah kepribadian kita secara drastis, dan tidak perlu berubah menjadi orang lain.

Semoga bermanfaat...

Comments

  1. jadi gitu caranya thks infonya

    ReplyDelete
  2. Pemalu memang sangat menghambat perkembangan diri... mulailah dan jangan malu lagi...

    ReplyDelete
  3. Pemalu memang sangat menghambat perkembangan diri... mulailah dan jangan malu lagi...

    ReplyDelete
  4. wah , kadang maju didepan public itu bikin saya malu :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gan itu wajar. Tinggal kt yg kontrol bs tenang ato ngk

      Delete
  5. saya dasarnya pemalu gan :D cuman saya itu gak akan malu kalau dilingkungan etrtentu. Saya tergantung lingkungan :D

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. bener gan. harus kuat mental biar bs lebih maju

      Delete
  7. saya kadang pemalu gan apalagi pas presentasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, tp klo dipersiapkan matang geroginya rada berkurang

      Delete
  8. kalau caranya biar jadi pemalu gimana?
    katany sih cowo rata2 suka cewe yang pemalu2 gitu

    ReplyDelete
  9. Kalau mau jd pemalu, ya tinggal dibalik aja. yg ngk malu jd malu,..he

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)