Kamu itu Lebih Cerdas daripada yang Kamu Duga




YOU'RE SMARTER THAN YOU THINK, itu adalah judul asli dari buku karya Thomas Armstrong, PH.D. Buku yang memberi panduan menuju Multipel Intelijansi ini, membahas berbagai macam kecerdasan. Kecerdasan yang dibahas disini mendalami dari karya Dr. Gardner yang terkenal dengan karya Multipel Intelijensinya. Ada delapan macam kecerdasan yang dibahas yaitu:
  1. Cerdas Menggunakan Kata-kata (Intelijensi Bahasa). Kecerdasan ini ditunjukkan dengan kesukan dalam berbicara, menggunakan kata-kata, ataupun tulis menulis
  2. Cerdas Dalam Musik (Intelijensi Musik). Bagi yang suka mendengar musik, memiliki kepekaan terhadap intonasi nada bisa dikatakan memilikikecerdasan musik.
  3. Cerdas Menggunakan Logika (Intelijensi Logis-Matematis).  Bagi yang suka angka, hitungan, programing, coding, termasuk kategori cerdas menggunakan logika.
  4. Cerdas Menggunakan gambar (Intelijensi Ruang). Seorang desiner, arsitek yang suka menggambar masuk  kategori cerdas menggunakan gambar.
  5. Cerdas Memahami Tubuh (Intelijensi Tubuh-Kinestetik). Bagi yang memliki kecendrungan suka menggerakkan badan, seperti olahraga, menari, atau kegiatan fisik lainnya bisa dikategorikan cerdas memahami tubuh.
  6. Cerdas Memahami Sesama (Intelijensi Antarpribadi). Untuk orang yang suka bersimpatik, peduli ke teman atau pandai bergaul dengan siapa saja bisa dikatakan mesuk kategori cerdas memahami sesama.
  7. Cerdas Memahami Diri Sendiri (Intelijensi Intrapribadi). Untuk yang suka merenung, mendengarkan suara hati dan terkadang suka menyendiri masuk nih kategori, kategori cerdas memahami diri sendiri.
  8. Cerdas Memahami Alam (Intelijensi Naturalis). Pecinta alam yang suka jalan-jalan naik gunung, berenang dipantai atau suka mempir ke tempat yang asri alamnya, bisa dikategorikan sebagai cerdas memahami alam. 
Setiap orang biasanya memiliki salah satu dari kecerdasan yang paling menonjol dari kecerdasan yang ada. Tapi setiap orang masih bisa mengembangkan dari setiap kecerdasan yang ada. Dibuku ini dijabarkan secara mendetai langkah-langkah untuk mengembangkan kecerdasan lain yang menurut diri kita masih kurang. Umpama kita nih orang yang cerdas dalam musik, tapi masih amat kurang mengenai kecerdasan logis-matimatis. Nah dijelaskan langkah-langkah untuk lebih makhir matimatis denganpendekatan musik. Contohnya: Dalam mengerjakan soal matimatis kita disarankan sambil mendengarkan lagu, atau ada rumus yang sulit untuk dingiangat kita jadikan rumus itu seperti lagu dengan intonasi tertentu, dengan demikian rumus lebih mudah dingingat.
Yang bikin menarik untuk dibaca, dalam buku ini diberikan informasi unik dan contoh tokoh terkenal yang memiliki kecerdasan tertentu. Saya beri istilah kotak "Tahu tidak?". Karena informasi ini diletakkan dalam kotak kecil dengan  judul Tahu tidak.
Contohnya:

"Tahu tidak? Kamu boleh saja gagap ketika berbicara, tetapi tetap menjadi pembicara, tukang cerita, atau aktor yang hebat. Contoh-contoh terknal mencakup Winston Churchill (pemimpin Inggris dalam Perang Dunia II), Nicholas Brendon (aktor, pemeran Xander dalam film Buffy the Vampire Slayer)), dan James Earl Jones (aktor, suara Darth Vander dalam film-film Star Wars). (halaman:18)."

Kolom "Menatap ke Masa Depan" disediakan untuk memberi gambaran karier apa saja yang bisa dituju dengan kecerdasan yang dimiliki. Contoh:

"Menatap ke Masa Depan. Apakah yang bisa kamu perbuat dengan kecerdasanmu menggunakan kata-kata setelah kamu besar nanti? Banyak sekali. Karir-karir yang bisa kamu jajaki mencakup: penulis iklan atau pemasaran, advokatm pencatat sejarah, editor, guru bahasa inggris (atau guru apa pun), pembuat undang-undang, penulis indeks, ilmuan informasi, wartawan, pengacara,........ dan masih banak lagi! (hal 37)"

Tiap pembahasan bab mengenai suatu kecerdasan tertentu ditutup dengan arahan sumber-sumber yang bisa membantu pengembangan kecerdasan. Bisa dari buku atau majalah, organisasi, dan situs web. Walau sih memang sumber-sumbernya dari barat semua dan berbahasa inggris pula.

Jadi yang pingin mengembangkankecerdasan yang dimiliki, bisalah buku ini dijadkan salah satu referensi...

semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)