Belajar Lensa untuk Membuat Teropong

Saya tertarik sekali untuk membuat teropong bintang, ya penasaran gimana rupa bintang kalo dari jarak dekat. Nah dari situ saya coba cari-cari artikel gimana cara buat teropong bintang. Coba ja cari di internet pasti ntar ketemu. Di artikel yang saya temukan untuk membuat tropong bintang kita butuh 2 lensa cembung. Bisa pake luv atau lensa foto copy, plus pipa paralon untuk bodynya.

Nah dari sana saya nyoba' mencari lensa foto copy, yang menurut saya ntar hasilnya lebih bagus. Cari mencari di tempet perbaiki foto copy akhirnya dapet juga tempat beli lensanya aja (itu pun dikanibal sama teknisinya). Tahu temapat beli bukan berarti jadi membeli. Ternyata setelah saya tanya" harga lensa foto copi yang paling murah dihargakan 150 ribu rupiah. Wah saya jadi bimbang mau beli atau ngak. Tapi setelah dipikir" timbang beli lensa yang mahal, gimana kalo mencoba untuk pake lensa kaca pembesar (lup). Ya saya jadi memutuskan pake Lup. ya kisaran harga jual kaca pembesar 10 rb -20 rb. Karena saya dapet tempat beli kaca pembesar yang murah jd saya membeli 5 buah kaca pembesar dengan 3 ukuran berbeda.

Setelah saya mencoba merangkai ke-5 lensa itu dengan beberapa kombinasi ukuran pipa paralon. Ternyata masih banyak kendala yang di temukan. Masalah yang ditemukan yaitu:
- Jenis kaca dari kaca pembesar ternyata masih dibilang 'kotor', alias kebeningannya masih kurang.
- Untuk mengkombinasikan lensa, sepertinya diperlukan beberapa perhitungan sederhana. Soalnya kalo asal-asalan bukannya bikin tambah memperbesar, tapi malah memperkecil tampilan, dan malah terlihat kabur.
- Untuk membuat sambungan antar pipa diperlukan perkiraan yang matang, agar antar sambungan tidak longgar

Makanya nih lagi nyari-nyari materi tentang sifat lensa dan dapet materi yang bagus di situs e-dukasi.net. Ni materinya lengkap mengenai kombinasi lensa, sifat bayangan, titik fokus, dll





Selamat belajar....
Semoga bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)