Keajaiban Otak Bag.4


2.5         Metode untuk memaksimalkan kinerja otak
Untuk memaksimalkan kinerja otak sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan namun pada kesempatan ini akan dibahas metode mind map (pemetaan pikiran). Berikut penjelasannya:
Mind Map adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut, selain itu Mind Map mengembangkan cara pikir divergen, berpikir kreatif. Mind map dapat juga dimanfaatkan sebagai alat berpikir organisasional yang sangat hebat. Oleh karena itu mind map adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi itu ketika dibutuhkan.
Lalu kegunaan dari pemetaan pikiran ini adalah:
1.       Memberi pandangan menyeluruh pokok masalah atau area yang luas.
2.       Memungkinkan kita merencanakan rute atau membuat pilihan-pilihan dan mengetahui ke mana kita akan pergi dan di mana kita berada.
3.       Mengumpulkan sejumlah besar data di satu tempat.
4.       Mendorong pemecahan masalah dengan membiarkan ktia melihat jalan-jalan terobosan kreatif baru.
5.       Menyenangkan untuk dilihat, dibaca, dicerna dan diingat.
Kapan pemetaan pikiran ini berguana ?. Pemetaan pikiran ini berguna ketika:
1.       Ketika Anda ingin menemukan ide yang inovatif dan jalan keluar yang kreatif.
2.       Ketika Anda ingin mengingat informasi secara efektif dan efisien. Artinya, sekalipun Anda ada dalam tekanan, tetap saja Anda dapat mengingat informasi itu dengan baik.
3.       Ketika Anda ingin menetapkan sebuah tujuan, dan langkah-langkah untuk mencapainya.
4.       Ketika Anda sedang berpikir untuk mengubah karier Anda atau memulai usaha baru.
5.       Ketika Anda ingin mengadakan rapat yang efisien dan lancar.
Untuk membuat pemetaan pikiran ini dibutuhkan kertas kosong tak bergaris, pena dan pensil warna, otak dan imaginasi. Untuk membuat pemetaan pikiran ini ada tujuh langkah yang harus kita lewati, yaitu:
1.      Mulailah dari tengah kertas kosong.
2.      Gunakan gambar (simbol) untuk ide utama.
3.      Gunakan berbagai warna.
4.      Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat. Buatlah ranting-ranting yang berhubungan ke cabang dan seterusnya.
5.      Buatlah garis hubung yang melengkung.
6.      Gunakan satu kata kunci untuk setiap garis
7.     unakan gambar.


2.6         Penyakit yang dapat menyerang otak
Penyakit yang dapat menyerang otak sebenarnya ada berbagai jenis. Mulai dari yang ringan seperti pikun (pelupa), sampai yang berat seperti tumor otak, stroke, dan masih banyak lagi. Namun pada tulisan ini akan dijelaskan satu penyakit yang dapat menyerang otak, dan masih banyak yang belum mengenalnya. Pada tulisan ini penyakit otak yang akan dibahas bernama Cerebral Aneurysma.
2.6.1        Apakah aneurysma otak itu?
Aneurisma otak adalah suatu kelainan pembuluh darah arteri otak, dimana terdapat kelemahan pada lapisan pembuluh darah arteri, sehingga membentuk suatu tonjolan atau benjolan menyerupai balon. Benjolan arteri ini mempunyai lapisan yang lebih tipis dibandingkan dengan pembuluh darah normal, sehingga suatu saat dapat pecah secara tiba-tiba.

2.6.2        Siapa saja yang dapat menderita aneurysma?
Pada umumnya menyerang orang dewasa dekade dua keatas. Persentasenya mencapai 5% dari seluruh orang dewasa. Dengan perbandingan antara Aneurisma yang pecah (rupture) dan aneurisma yang tidak pecah adalah 5:3.
2.6.3        Apa penyebab aneurisma?
Penyebab  utama aneurisma masih menjadi kontroversi. Akan tetapi bila dibandingkan dengan pembuluh darah normal, pada aneurisma ditemukan suatu kelainan pada lapisan pembuluh darah terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan tunika intima, media dan adventitia. Pada aneurisma terdapat penipisan tunika media dan tunika intima menjadi lebih elastis hal ini mengakibatkan kelemahan pada pembuluh darah di daerah aneurisma sehingga pembuluh darah membentuk tonjolan akibat tekanan pembuluh darah. Diperkirakan penyebab aneurisma adalah adanya kelainan bawaan, hipertensi, emboli, infeksi, dan trauma.


2.6.4        Bagaiama gejala aneurisma?
Gejala pada aneurisma yang belum pecah atau masih utuh (unruptur aneurysm) sangat jarang ditemukan. Oleh sebab itu aneurisma sulit ditemukan papa pasien dengan aneurisma yang masih utuh, kecuali ditemukan secara insidental pada saat dilakukan pemeriksaan radiology untuk penyakit lain atau saat medical check up. Gejala yang dirasakan lebih sering diakibatkan karena pecahnya aneurisma, berupa sakit kepala hebat yang datang secara tiba-tiba, kejang, kekakuan pada leher hingga penurunan kesadaran. Tetapi beberapa gejala dapat menjadi peringatan (warning sign) adanya aneurisma, yaitu: kelumpuhan sebelah anggota gerak kaki dan tangan, gangguan penglihatan, kelopak mata tidak bisa membuka secara tiba-tiba, nyeri pada daerah wajah, nyeri kepala sebelah ataupun gejala menyerupai gejala stroke.
2.6.5        Bagaimana mengetahui atau mendiagnosis aneurisma?
Aneurisma dapat didiagnosa dengan pasti dengan menggunakan angiografi, yaitu pemeriksaan pembuluh darah menggunakan kateter/selang yang dimasukan ke pembuluh darah dan diberi zat warna (kontras). Dapat juga ditemukan dengan menggunakan CT Scan atau MRI. Yang terbaik adalah dengan angiografi.
2.6.6        Bagaimana penanganan aneurisma?
Dengan intervensi pembedahan dan teknik intervensi radiology, bergantung pada ukuran, bentuk dan lokasi aneurisma otak. Pembedahan menggunakan teknik clipping, dengan menggunakan clip yang menjepit aneurisma didaerah leher aneurisma. Sedangkan teknik intervensi radiology adalah dengan menggunakan kateter dan memasukan balon ataupun coil yang dapat menyumbat aneurisma.

2.6.7        Bagaiman prognosis aneurisma?
Prognosis adalah suatu perkiraan kesembuhan suatu penyakit. Prognosis pada aneurisma bergantung pada jenis aneurisma (rupture atau unruptur), bentuk aneurisma, lokasi, waktu penanganan dan kondisi pasien saat dilakukan pengobatan (usia, gejala klinis, kesadaran dan adanya penyakit lain seperti jantung). Prinsipnya semakin cepat ditemukan aneurisma mempunyai kemungkinan kesembuhan yang baik, oleh karena itu pemeriksaan medis rutin sangat dianjurkan.
Oleh: dr. Agus Suhendar, SpBS
2.7         Menjaga kesehatan otak
Otak adalah salah satu anugrah yang diberikan Tuhan kepada kita. Begitu banyak manfaat yang bisa kita rasakan darinya. Oleh karena itu sebagai rasa syukur kita kepada Tuhan, sepatutnya kita selalu berusaha untuk selalu menjaga kesehatan otak kita. Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan agar otak kita selalu sehat.
2.7.1              Tidak Mengkonsumsi Narkoba dan Rokok
Dengan gemar merokok atau memakai narkoba otak akan rusak dan kehilangan fungsi-fungsinya. Selain itu otak jadi rentan terserang berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga yang berat. Ada perokok berat yang apabila tidak merokok maka dia tidak dapat berpikir dengan baik, namun semua itu hanya omong kosong yang merupakan sugesti saja. Hati-hati dan waspada pula dengan zat adiktif dan zat aditif yang dapat merusak otak kita.
2.7.2              Kurang Tidur Dan Mengistirahatkan Otak
Otak kita butuh istirahat yang cukup setelah seharian melakukan aktivitas baik yang ringan maupun yang berat. Sebaiknya jangan terlalu banyak berpikir yang berat-berat yang membutuhkan konsentrasi dan daya kerja otak yang maksimal. Istirahat otak bisa dengan melakukan sesuatu yang rileks seperti tidur-tiduran, dengan musik ringan, ngobrol sama teman dekat, nonton film komedi, dsb. Dengan tidur yang cukup selama 6 sampai 8 jam, maka otak akan dapat digunakan dengan maksimal.

2.7.3              Pola Makan Yang Salah Dan Tidak Sehat
Makanlah makanan yang bergizi dan cukup karena otak manusia membutuhkan suplai nutrisi yang cukup untuk melakukan pekerjaan dan untuk tumbuh berkembang. Biasakanlah sarapan setiap pagi dengan makanan yang tidak terlalu berat tetapi cukup gizinya. Jangan terlalu banyak makan sehingga kegemukan yang dapat menyumbat pembuluh otak. Konsumsi gula pun jangan terlalu berlebihan agar tidak menghalangi penyerapan protein dan gizi pada tubuh kita.
2.7.4              Kekurangan Oksigen dan Pencemaran Polusi Udara
Otak membutuhkan oksigen yang cukup untuk beraktivitas secara optimal. Hindari tempat-tempat yang memiliki polusi yang tinggi serta tempat yang tercemat udara atau asap beracun. Gunakan masker bila lama melakukan aktivitas di tempat berpolusi atau berasap namun jangan terlalu lama ditutup agar kita tidak keracunan karbondioksida. Perbaiki sirkulasi udara atau ventilasi udara jika ruangan yang ada terasa pengap dan sumpek.
2.7.5              Hindari Berpikir Terlalu Keras
Orang yang stres atau depresi biasanya otak dipakai terus-menerus memikirkan sesuatu yang tidak ada pangkal ujungnya sehingga badan pun akan terkena efek dampak negetifnya menjadi sakit. Bila anda stress / depresi sebaiknya langsung curhat atau melakukan bimbingan konseling dengan orang yang dapat dipercaya agar kita mendapat solusi / jalan keluar masalah tersebut atau minimal meringankan beban pikiran kita.
2.7.6               Memberikan stimulasi kepada otak.
Berpikir adalah cara yang terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir justru membuat otak kita menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal.
2.7.7              Sering melakukan percakapan intelektual.
Karena percakapan intelektual biasanya akan membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi, sepertinya Anda harus lebih sering mengajak otak Anda untuk bergerak dan berpikir agar senantiasa sehat tentunya.

BAB III
PENUTUP
3.1    Kesimpulan
Otak adalah suatu organ yang sungguh menakjubkan, dan memiliki kapasitas yang amat besar. Setiap orang memiliki kemampuan yang besar asal ia mau mengembangkan kemampuan dan potensi otaknya. Dalam kegiatan sehari-hari, panca indra dengan otak akan saling berhubungan. Hubungan ini berbentuk sinyal-sinyal listrik yang berasal dari luar (bisa berupa bau, sentuhan, bunyi, rasa, dan sebagainya) yang nantinya diproses di otak.
Otak kanan dan kiri jika digunakan secara seimbang menghasilkan sinergi yang amat luar biasa. Namun hal itu bisa dicapai harus melalui latihan secara terus-menerus. Salah satu caranya adalah menggunakan metode pemetaan pikiran. Dengan metode ini kedua belah otak akan digunakan. Warna dan gambar sangat disukai otak kanan, sedangkan tulisan-tulisan disukai otak kiri, dengan demikian kita akan lebih lama mengingat sesuatu.
Namun otak juga dapat terserang pengyakit seperti organ yang lainnya. Untuk itu ada banyak cara untuk menjaga kesehatan otak seperti tidak merokok dan menkonsumsi narkoba, istirahat yang cukup, memakan makanan yang bergizi.

3.2    Saran
Bagi orang yang merasa dirinya tidak pintar dalam suatu bidang seperti dalam hal hitung menghitung, jangan pernah merasa rendah diri, yakinlah bahwa diri Anda memiliki kecerdasan di bidang lain. Bisa di bidang musik, olahraga, ataupun berbahasa. Berusahalah untuk selalu mengembangkan minat dan bakat yang Anda miliki, dengan demikaian Anda pasti memiliki suatu kelebihan tersendiri. Percayalah bahwa Tuhan telah memberikan setiap manusia suatu kelebihan.


Daftar pustaka

Dari buku :
Dryden, Gordon dan Jeannette Vos. 2003. Revolusi cara belajar bagian I. Bandung: Kaifa.   
Muhapi. 2006. Gaul tapi syar’i. Jakarta: Karya ilmu press.
Pfeiffer, John. 1982. Sel. Jakarta: Pustaka ilmu life.
Trijoko dkk. 2006. Biologi untuk kelas XI. Jakarta: Sunda kelapa pustaka.
Tim penyusun. 2004. Biologi 2b. Klaten: Intan pariwara.

Dari internet :
http:// id.shvoong.com/medicine-and-healt/1802558-cerebral-aneurysma/
http://organisasi.org

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)