Konfigurasi Dot Matrik 8x8

DOT Matrik 8x8 dapat digunakan sebagai display untuk tampilan jam digital atau running text. Namun saat digunakan mungkin ada yang mengalami kebinggungan dalam konfigurasinya. Ternyata untuk dot matrix yang dibeli langsung jadi, memiliki konfigurasi baris dan kolom yang acak. Jadi umpama ingin mennyalakan led pada baris ke-1 dan kolom  ke-1, kaki yang dihubungkan  letaknya tidak sejajar. Nah berdasarkan pengalaman ini, kita bagi-bagi pengalaman konfigurasi kaki dari dot matrik 8x8 yang memiliki nomer seri WLG M23088A/B, tipe N.
Nah kemaren beli dot matriknya di Digi-Ware, data sheet produknya kayak gini:
Dari gambar diatas untuk mendapatkan pin ke-1 kita harus menemukan bagian yang memiliki lekukan ke dalam berada di sebelah kiri dan atas, sisanya  yang memiliki lekukan keluar berada di kanan dan bawah.
Setelah dicoba untuk menemukan kombinasi pin yang bisa menyalakan secara urut dengan Multimeter, berikut gambaran kombinasi yang bisa menyalakan secara urut. Gambaran berikut bila dot matrik kita liat dari belakang. Jadi jika ingin menyalakan led pada baris ke-1 dan kolom ke-1, kita tinggal menghubungkan pin dengan simbol C1 danB1. Oya C1 dihubungkan dengan kutub negatif (-) dan B1 dihubungkan dengan kutub positif (+), dan menggunakan pengukuran  ohmn atau hambatan.
Semoga Bermanfaat….

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)