PELITA untuk PLN

PLN adalah prusahaan BUMN yang bisa dibilang besar. Dalam manajemennya pasti membutuhkan suatu menejemen yang handal. Dalam keseharianya pasti dibutuhkan suatu inovasi dan kreatifitas yang tinggi dalam menumukan solusi dari suatu masalah. Apalagi masalah dalam penyediaan listrik begitu berfariatif. Mulai dari penyediaan suatu listrik di suatu daerah, mengatasi pencurian listrik, pungutan liar oleh oknum saat pemasangan listrik, atau masalah lainya.

Terlepas dari masalah-masalah yang dihadapi PLN, PLN pastiya selalu berusaha mencari jalan kluar yang dihadapi. Di NTB dulunya sering sekali terjadi pemadaman bergilir, alasannya karena pertumbuhan penngunaan listrik di NTB berkembang dengan pesat dan PLN kesulitan memenuhi kebutuhan bebean listrik tarsebut. Akhirnya untuk menanggulangi masalah tersebut PT. PLN NTB menyewa mesin diesel dari bengkulu. Masih di NTB untuk memenuhi kebutuhan listrik di pulau kecil (gili) yang menjadi objek populer para wisatawan dari mancanegara yaitu gili trawangan, PLN yang bekerja sama dengan PT. Len Industri membangun PLTS di gili trawangan ini. Kalo kita liat dengan pembangunan PLTS ini selain membantu memenuhi kebutuhan listrik, juga mampu mengurangi polusi udara hasil penggunaan mesin diesel.

Dari sedikit  gambaran yang saya sampaikan diatas, harapan kita sebagai pelanggan dari PT. PLN adalah:
-PLN harus menjadi prusahaan penyedia listrik yang inovatif,kreatif dan ramah. Listrik pintar mennurut saya adalah suatu inofasi yang sangat hebat.
-PLN lebih sering mensosialisasikan suatu kebijakan baru, atau inovasi baru yang dimiliki. Nah kalo di daerah saya Mataram NTB, di Mall ada stan PLN yang mensosialisasikan banyak hal, seperti listrik pintar.
-PLN perlu melakukan survei ke daerah terpencil untuk mengetahui kepuasan dari pelanggan. Mungkin hal ini bisa bekerja sama dengan para mahasiswa. He... soalnya teman saya juga pernah mensurvei rumah saya.
-PLN menyediakan kemudahan dalam pembayaran tagihannya. Kalo dilihat ini sudah bisa kita rasakan, banyak tempat yang menyediakan jasa pembayaran tagihan.
-PLN melakukan perekrutan tenaga kerja yang profesional dan handal.
-PLN selalu berinovasi untuk memenuhi kebutuhan listrik diberbagai daerah yang bersifat ramah lingkungan, GO Green. Seperti PLTS di Gili Trawangan, merupakan salah satu inovasi yang ramah lingkungan. Mungkin pembangkitan listrik dengan Energi Panas Bumi bisa dimanfaatkan, soalnya di Indonesia terkenal kaya akan Energi Panas Buminya.
-PLN memberikan penghargaan atau bantuan kepada sosok atau kelompok  di daerah terpencil yang membantu masyarakat dalam pengadaan listrik secara mandiri, yang belum teraliri listrik dari PLN

Di daerah perkotaan bisa saja kita merasakan pelayanan PT.PLN sudah sangat baik. Namun untuk daerah terpencil atau di daerah perbatasan pelayanan PLN mungkin saya dirasakan masih kurang. Pungutan liar, susahnya melakukan pemasangan listrik, pelayanan yang tidak ramah, dan hal negatif lainnya mungkin saja masih dirasakan. Nah hal ini juga semoga jadi perhatian khusus oleh PT.PLN di kemudian hari.  



Nah, dari harapan diatas biar lebih mudah diingat saya menyingkatnya dalam rumus PELITA:
Pelayanan yang ramah dan handal serta penuh inovasi yang kreatif dalam menemukan solusi dari suatu permasalahan
Energi yang ramah lingkungan demi lingkungan yang bebas polusi untuk generasi selanjutnya.
Layanan yang lebih 'MUDAH'*, baik dari segi informasi layanan, kemudahan dalam pembayaran tagihan ataupun kemudahan dalam mendapatkan pelayanan bila terjadi gangguan.
Intensif terhadap pelayanan di daerah terpencil atau di daerah perbatasan, serta memberi penghargaan atau bantuan kepada sosok atau kelompok yang mampu menyediakan listrik secara mandiri di daerahnya.
Tagihan pembayaran yang teransparan dan bebas dari pungutan liar.
Angkat pegawai atau tenaga kerja yang profesional dan handal.

*PLN NTB Beri Layanan MUDAH. MUDAH ini terdiri dari lima komitmen. Pertama M yang artinya melayani dengan lebih sungguh-sungguh. U adalah utamakan kemudahan akses. D diterjemahkan dengan disiplin, sopan dan ramah. Sedangkan A adalah akurat dan pasti waktunya. Terakhir H berarti handal dan bertanggungjawab(http://www.pln.co.id/ntb/?p=1002).

Untuk lebih jelasnya klik tulisan PLN warna hijau utuk ke alamat www.plnbersih.com dan warna biru untuk ke alamat www.pln.co.id.

Tambahan sedikit, ini game Robot Sell Surya,yaitu robot yang menghasilkan listrik dengan menangkap sinar matahari





 
Semoga bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)