Belajar dengan perasaan senang


Pernah ngk belajar suatu pelajaran, tapi karna kita tidak suka dengan pelajaran tersebut akhirnya kita males banget untuk mempelajari pelajaran tersebut. Akhirnya pas ujian ngak bisa jawab apa-apa. Nah lho, siapa yang menderita? Ya kita sendiri. Ibaratnya kita telah menutup diri terhadap suatu ilmu kalo dari awal kita udah ngak suka sama suatu pelajaran.

Coba bayangkan dengan pelajaran yang disukai, umpamanya yang mau jadi penyanyi, saat diajarkan mengenai musik atau olah vokal, semangat belajar pun tinggi, ilmu jadi bisa masuk dengan mudah, waktu terasa begitu cepat karna saking asiknya. Kalau kena pelajaran yang ngak disukai ceritanya bisa beda, ngadap ke buku pelajaran aja ngak mau, mungkin karna udah bosan.

Sebenarnya kalau seandainya kita ngak suka sama suatu pelajaran, ya setidaknya pura-pura suka, bisa jadi ntar bener-bener suka sama pelajaran tersebut. Belajar begitu menikmati, ilmu jadi cepat masuk mengalir ke otak. Coba kalu dipikir-pikir, kenapa ada buku yang begitu tebal dan isinya terdapat begitu banyak istilah asing, dengan rumus-rumus yang ngak mudah dipahami? Yah, sudah pasti penulisnya menikmati apa yang ditulis tersebut, ngak menjadikannya sebagai beban yang menghambat kinerja. Intinya kalau kita enjoy, menikmati suatu pelajaran ilmu itu akan lebih mudah terserap.

Tapi kalau seandainya bosan pun datang saat belajar, bolehlah kita selingi dengan aktifitas yang kita senangi sebentar, tapi jangan kelewatan. Setelah itu harapannya jadi semangat lagi untuk belajar. Hal lain yang bisa mempengaruhi daya serap ilmu adalah pemilihan waktu belajar yang tepat dan nyaman. Bisa itu di malam hari saat suasana hening, atau di pagi buta saat otak masih fresh.

Semoga bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)