Mengenal Aneka Bela Diri Dunia


Bagi penggemar bela diri atau pencari beladiri yang sesuai dengan hati, saya rasa film dokumenter yang diproduksi oleh Discovery Chanel ini sangat cocok untuk dijadikan reverensi. Film yang berdurasi sekitaran 40 menit ini diberi judul Fight Quest. Film dokumenter yang diproduksi tahun 2007 ini mengisahkan 2 orang dengan latar belakang berbeda yang sama-sama belajar keliling dunia untuk mempelajari berbagai macam beladiri. Jimmy Smith yang berprofesi sebagai petarung profesional Mixed martial arts (MMA) dan Doug Anderson yang berprofesi sebagai tentara di US Army, keduanya adalah tokoh utama dalam dokumenter ini. Mereka berdua akan belajar setiap bela diri selama 5 hari oleh guru yang berbeda, dan akan kembali bertemu untuk melakukan pertarungan akhir untuk menguji sejauh mana kemampuan hasil latihan. Dalam latihan terkadang diantara salah satu atau kedua tokoh akan mengalami cidera selama latihan ataupun setelah melakukan pertarungan akhir, disinilah penonton akan merasakan sensasi ketegangan dari beladiri tertentu. Kelebihan dari film dokumenter ini adalah kita dapat melihat dan mempelajari aneka budaya dari tiap negara yang dikunjungi. Jadi penonton tidak hanya dibawa ke area pertarungan saja, namun untuk masalah kebudayaan pun bisa kita peroleh dari dokumenter ini. 

Berikut adalah list perjalanan mereka berkeliling dunia untuk mempelajari aneka bela diri:
1.       Kung Fu (Wushu; Sanda). Perjalanan diawali ke negri China untuk mempelajari bela diri Kung Fu. Untuk beladiri ini saya rasa sudah begitu familiar, sring kita saksikan di acara televisi yang menayangkan adegan” kung fu.
2.       Kali. Perjalanan selanjutnya adalah Filipina mempelajari bela diri Kali. Beladiri ini merupakan beladiri yang menitikberatkan penggunaan tongkat atau senjata tajam berupa pisau atau senjata tajam lainnya dalam mempertahankan diri.
3.       Kyokushin Karate. Selanjutnya menuju Jepang, mempelajari bela diri Kyokushin Karate. Beladiri ini mirip” dengan Karate, hanya dalam pertarungannya tidak menggunakan pelindung apapun (Full Body Contact).
4.       Boxing. Mexico adalah tujuan selanjutnya. Disini mereka mempelajari bela diri Boxing yang sudah biasa kita saksikn seperti acara tinju pada siaran televisi.
5.       Pencak Silat. Indonesia merupakan daerah tujuan selanjutnya. Disini mereka mempelajari beladiri Pencak silat. Temen-temen pesilat pasti sudah tau untuk bela diri asli Indonesia ini.
6.       Savate. Prancis adalah tempat mereka mempelajari beladiri ini. Beladiri yang satu ini adalah beladiri yang gaya tarungnya sangat mirip dengan kick boxing.
7.       Hapkido. Korea selatan menjadi negara tujuan selanjutnya. Disini mereka mempelajari beladiri Hapkido. Yang kalau kita liat cara bertarungnya merupakan gabungan dari 2 beladiri yaitu Aikido dan Taekwondo.
8.       Brazilian Jiu-Jitsu. Berazil adalah tujuan selanjutnya. Beladiri ini adalah beladiri yang mengajarkan bagaimana mengunci gerkan lawan, seperti melakukan gulat. Tidak menekankan pada pukulan atau tendangan.
9.       Krav Maga. Israel adalah tujuan selanjutnya. Kalau diliahat dari cara latihannya yang keras, beladiri ini dirancang untuk menghadapi kondisi ekstrim dalam menghadapi masa. Jadi petarung diusahakan untuk bisa bertahan dengan cara apapun, ngak da belas kasih, yang penting bisa hidup.
10.   Kajukenbo. Di AS adalah tempat mereka mempelajari bela diri ini. Beladiri ini merupakan campuran dari berbagai macam aliran beladiri yang sudah ada. Kalau dilihat sistem latihannya ada kemiripan dengan bela diri Krav Maga.
11.   Muay Thai. Thailand merupakan asal beladiri ini. Beladiri yang merupakan budaya masyarakat thailand ini, memiliki ciri khas dalam gaya pukulan ataupun tendangannya, walau ada kemiripan dengan Kick Boxing.
12.   Kalarippayattu. Beladiri ini merupakan cerminan budaya negara India, yang merupakan beladiri untuk melindungi raja.
13.   Wing Chun. Hong Kong tujuan terakhir dari mereka. Disini mereka mempelajari beladiri yang di gunakan oleh Bruce Lee. Kalo diliat perpaduan kecepatan, ketepatan dan kekuatan tangan untuk pertarungan jarak dekat.

Untuk yang mau nonton videonya bisa nonton langsung di Youtube dengan kata kunci Fight Quest, tinggal dicari yang mana mau ditonton.

Atau mau download videonya dari youtube menggunakan web: keepvid.com dengan ukuran yang diinginkan. Tapi untuk bisa download dari web ini harus menginstal Java terlebih dahulu, dan sedikit ngikuti langkah yang diminta. Yaitu mengklik Run dan centang “trust” dipojok dialog saat pertama mendownload. Silahkan klik beladiri yang ingin didownload terlebih dahulu:
1.        Kung Fu.
2.       Kali.
3.       Kyokusin Karate.
4.       Boxing.
5.       Pencak Silat.
6.       Savate.
7.       Hapkido.
8.       BrazilianJiu-Jitsu.
9.       Krav Maga.
10.   Kajukenbo.
11.   Muay Thai.
12.   Kalarippayattu.
13.   Wing Chun. 
Semoga bermanfaat....

Refrensi:
-          Youtube.com find: Fight quest

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)