Memperbaiki Printer iP 2700



Berawal dari coba-coba untuk memperbaiki printer yang sudah lama tidak difungsikan yang bertipe Canon iP 2700, ternyata ada percobaan yang berhasil namun juga ada yang gagal. Tapi dari pada tidak mencoba sama sekali, lebih baik dicoba dulu. Berikut langkahnya:

Untuk Printer yang menggunakan infus, coba gunakan menu perawatan pada properties lalu gunakan menu Deep Cleaning beberapa kali.

Jika Masih belum berhasil coba lepaskan catride dari perinter, siapkan air panas, rendam catride dengan air panas tersebut beberapa menit. Selama proses perendaman alangkah baik jika isi dari catride di keluarkan untuk diganti dengan yang baru, caranya dengan meniup lubang masuk tinta catride (gunakan pelapis berupa kertas atau plastik agar mulut tidak terkena tinta)

Setelah proses perendaman dan peniupan, lap katrid yang basah dengan tisu halus secara perlahan. Jika telah kering catride bisa diisi kembali dengan tinta baru, baik dengan cara disuntik atau mengunakan manu deep Cleaning jika menggunakan printer infus. Biasanya setelah melakukan prosedur ini tinta bisa keluar dengan lancar lagi, namun jika msih belum bisa proses perendaman dengan air panas dan peniupan untuk mengganti isi tinta atau membuka jalur tinta pada head catride bisa diulangi samapai tinta bisa keluar seperti semula.
Namun apabila telah melakukan tahap diatas berulang kali, namun belum bisa juga berati catride sudah mengalami kerusakan. Dan perlu mengganti catride dengan yang baru.

Sedikit tips untuk memperbaiki printer ini agar lebih murah jika disarankn membeli catrid baru. Jika membeli catrid baru biasanya hampir sama dengan membeli printer baru, jadi jarang yang mau membeli catrid printer secara utuh (Catrid warna dan hitam saja). Harga catrid baik warna atau hitam sekitaran Rp 200 ribu, jika beli 2 jadi Rp 400 ribu, sedangkan harga perinter baru dengan tambahan tabung kisaran Rp. 600 ribu kurang.

Tips agar perinter bisa kembali seperti semula yaitu dengan hanya membeli catrid warna saja, sehingga lebih efisien. Lalu utuk warna hitam bagaimana? Hal ini bisa diakali  dengan melakukan sedikit pensetingan pada program. Setinggan dilakukan dengan cara masuk menu Print (Ctrl+P), selanjutnya pilih properties, kemudian pilih menu maintance/perawatan. Pada menu perawatan pilih Catrid setting Ink (Setelan katrid tinta), dan pilih Color only (hanya warna). Jadi warna hitam akan keluar dari hasil percampuran semua warna. Dan akhirnya printer dapat bekerja seperti semula
 
Selamat mencoba, semoga bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)