Memperingan dan Memperbaiki Kinerja Windows

Untuk mengatasi permasalahan seperti judul diatas sebenarnya begitu luas penyebabnya, begitu luas pula cara mengatasinya, namun ada beberapa point yang ingin sy soroti untuk mengatasi maslah windows ini.

Ada beberapa penyebab yang membuat windows berjalan begitu berat, lambat dan mengalami kerusakan:
  • Space Hardisk yang hampir penuh
  • Terlalu banyak program yang diinstal dan banyak yang berjalan pada saat startup
  • Hardisk Tidak pernah didefrag
  • Ada virus yang bersarang di komputer
  • Cras/ bentrok antar program (biasanya antar antivirus)
 Solusi yang bisa diberikan:
  • Kalau Scapce hardisk penuh, berarti perlu menghapus file yang sudah tidak penting lagi, atau memindahkan ke media eksternal (CD, Hardisk Eksternal, flashdisk)
  • Jika terlalu banyak program, berarti perlu menguninstall program yang dirasa tidak digunakan lagi. Untuk mengecek program yang berjalan saat startup (saat windows pertamakali dinyalakan) langkahnya yaitu :
    • Dengan mengetik 'msconfig' tanpa kutip pada kotak run atau search pada windows 7
    • Selanjutnya mengnonaktifkan program yang berjalan pada startup dengan mengklik kotak kecil hingga tanda centang hilang, pilih yang dirasa program yang tidak perlu dan sudah pasti diketahui fungsinya.

  • Untuk masalah hardisk yang tak pernah di defrag,sebenarnya kita bisa memanfaatkan program bawaan windows, yang terletak di accesoris, atau mengetik defrag pada kotak seacrh. Fungsi defrak ini adalah ibarat memperbaiki tata letak buku yang berantakan kembali ke posisi rak buku semula. Namun sekarang banyak program tambahan yang bisa digunakan, yaitu TuneUp Utility, Advance SystemCare, atau program lainnya.
  • Permasalahan virus adalah permasalahan yang biasa kita temui, sebenarnya permasalahan utama dalam menghadapi virus ini adalah kita sering tidak mengupdate Antivirus yang kita miliki, pada intinya semua antivirus bagus.
  • Cras/bentrok program biasanya mengakibatkan windows tidak bisa booting atau masuk kemenu awal seperti biasa. untuk mengatasi windows yang tidak bisa booting akibat bentrok program ini ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan. Tapi sebelum itu perlu dijelaskan penyebab mengapa windows mulai/starting. Biasanya penyebab yang sering terjadi adalah bentrok antar program, bisa antivirus yang diinstal lebih dari satu, atau ada firewall yang diinstal bersamaan dengan antifirus yang tidak serasi. Solusi untuk masalah ini sebenarnya sama dengan cara permasalahan point ke-2, yaitu dengan menghilangkan antivirus yang akan di jalankan saat permulaan. caranya sama seperti gambar diatas, tinggal menghilangkan centang pada program antivirus. Jika saat permulaan windows bisa masuk namun layar terlihat blank, hitam atau tidak tampak apa" kita tingal mengaktifkan Task manager, dengan mengelik Ctrl+Alt+Del secara bersamaan, setelah muncul pilih file=> New Task (Run), dan kemudian ketik 'msconfig'.


Selamat mencoba, Semoga Bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)