Meningkatkan Produksi Belimbing


Buah belimbing adalah salah satu buah yang biasa kita gunakan untuk ngerujak. Tapi terkadang sangat disayangkan, terkadang buah yang dihasilkan rata-rata mengalami kebusukan dan tidak bisa untuk dikonsumsi. Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya ada cara yang sangat sederana, hanya membutuhkan sedikit ketelatenan, yaitu dengan membungkus buah belimbing tersebut.
Sebelum menjelaskan lebih lanjut untuk meningkatkan produksi buah belimbing, dirasa perlu untuk mengetahui penyebab rusaknya buah belimbing ini. Penyebab kebusukan yang biasa terjadi diakibatkan oleh:
·         Lalat buah yang bertelur didalam buah belimbing. Lalat buah menyuntikkan telurnya ke dalam buah, dan nantinya akan menjadi ulat yang menyebabkan buah busuk dan rusak.
·         Kutu buah yang menyerap sari-sari buah. Kutu buah ini basanya berkumpul menutupi buah blimbing yang masih kecil, sehingga pertumbuhan buah melambat. Pertanda bahwa ada kutu buah adalah semut yang biasa ikut mengambil sari buah berlebih yang dikeluarkan oleh kutu buah.
·         Tangkai buah yang terlalu lunak yang menyebabkan buah rontok sebelum mencapai usia matang.
Seperti dikatakan diawal, untuk mengatasi permasalahan yang menyebabkan belimbing mudah busuk itu adalah dengan membugkus belimbing dengan plastik bening. Plastik yang digunakan bisa menggunakan plastik gula ukuran ½ kg atau 1 kg. Kertas bening digunakan agar mempermudah pengamatan kita terhadap perkembangan buah. Biasanya setelah mengalami pembungkusan, buah lebih cepat mengalami pertumbuhan, tangkai penghubung antara buah dan pohon semakin tebal dan tidak mudah rontok, selain itu juga terhindar dari lalat buah yang akan bertelur.
Untuk hasil yang lebih baik sebaiknya pembungkusan dilakukan saat buah masih kecil sekitar 1-2 minggu, untuk menghidari dari telur lalat buah. Selain itu penggunaan plastik yang lebih besar semakin bagus untuk pertumbuan buah belimbing.

Selamat berkebun, semoga bermanfaat...

Comments

  1. Ini yang di sebut dengan teknk pembungkusan... ternyta di bungus itu penting untuk menjaga kulitas dan kuantitas hasil panen belimbing buah. Semoga para petani belimbing membaca artikel yg bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas kunjungannya...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)