Mengurangi Kecanduan bermain Game

Bermain game merupakan hal yang bisa dikatakan telah biasa dilakukan pada saat ini. baik itu melalui Playstation, Hp, laptop, PC, dll. Namun ada yang terkadang sampai lupa waktu karna keasykan bermain game tersebut. Saya  juga termasuk dalam hal ini. bermain game memang terkadang memiliki manfaat, seperti menghilangkan kejenuhan, mengisi waktu luang, atau menambah pengetahuan jika game yang dimainkan bersifat edukatif. Namun jika salah dalam pemakaiannya game bisa menyebabkan beberapa kerusakan baik secara fisik, metal atau finansial. Apalagi jika bermain game sudah menjadi kecanduanter sendiri.

Dampak negatif yang ditimbulkan maka dirasa harus ada usaha untuk mengurangi kecanduan bermain game ini. Berdasarkan pengalaman dan cari info berikut beberapa langkah yang bisa kita lakukan:

1. Menghargai waktu yang kita miliki.

Jika kita udah bisa menghargai waktu pasti kita nanti akan bisa memilikih kegiatan kita sehari-hari, mana yang bermanfaat atau ngak. termasuk didalamnya kita harus mencoba membuat skala prioritas dalam keseharian, biar waktu kita bisa terarah.

2. Membatasi waktu untuk bermain game.

Kalau seandainya kita emang udah terbiasa bermain game dirasa sangat sulit untuk menghentikannya secara tiba-tiba. Nah disini kita harus berusaha mengurangi dan membatasi waktu kita bermain secara perlahan. Umpamanya biasanya kita bermain tanpa melihat waktu karna saking keasikan, nah secara perlahan diusahakan dibatasi waktunya dari 4 jam/hari ke 2 jam/hari lalu ke 1Jam/hari. Intinya menurun perlahan.
-Sekedar tips, kita bisa gunakan fasilitas alarm HP untuk pembatasan waktu ini, tapi harus komitmen berhenti kalau alarm sudah berbunyi.

3. Menjadi pengembang game

seandainya sulit berhenti, hobi bermain game kita bisa diarahkan sebagai pengembang game. Jangan cuma bermain game buatan orang, perlu dong sekali-kali berpikir untuk membuat game sendiri, apalagi yang bersifat mendidik dan positif. Dengan kemampuan kita untuk menilai mana game yang bagus atau tidak, kita bisa mendesain game yang menarik.

Semoga langkah-langkah singkat diatas bisa membantu dan bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)