Komposisi Minyak Bumi

Minayak bumi yang baru dihasilkan dari sumur pengeboran berupa lumpur yang berwarna hitam pekat disebut minyak mentah (crude oil). Setelah dianalisis ternyata dalam minyak bumi terdapat bermacam-macam senyawa berikut.

  1. Golongan alkana yang paling banyak terdapat dalam minyak bumi adalah n-alkana (tidak bercabang, jenuh) misalnya n-oktana dan isoalkana (bercabang, jenuh) misalnya isooktana (2, 2, 4 - trimetilpentana).    
  2. Sikloalkana (membentuk cincin, jenuh) yang terdapat dalam minyak bumi adalah siklopentana dan sikloheksana, misalnya metilsiklopentana dan etil sikloheksana.
  3. Hidrokarbon aromatik (membentuk cincin, tidak jenuh) yang terdapat dalam minyak bumi adalah benzena, misalnya etil benzena.                                                                                             
  4. Minyak bumi juga mengandung senyawa belerang (0,01-7%), senyawa nitrogen (0,01-0,9%), senyawa oksigen (0,06-0,4%), dan sedikit senyawa organologam (misalnya vanadium dan  nikel).

Berdasarkan hal diatas disimpulkan bahwa minyak bumi tersusun atas lima unsur kimia, yaitu 82-87% karbon, 11-15% hidrogen, 0,01-6% belerang, 0-2% oksigen, dan 0,01-3% nitrogen.

Berdasarkan jumlah komponen yang terbanyak dalam minyak bumi, minyak bumi dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu parafin, naftalena, dan campuran parafin-naftalena.

  1. Golongan Parafin. Sebagian besar komponen dalam minyak bumi jenis ini adalah senyawa hidrokarbon rantai terbuka. Minyak bumi jenis ini digunakan sebagai sumber dan penghasil gasolin atau behan bakar.
  2. Golongan Naftalena. Sebagian besar hidrokarbon rantai tertutup (suklis). Minyak bumi jenis ini digunakan sebagai bahan pelumas (oil) dan aspal (pengeras jalan).
  3. Golongan Campuran Parafin dan Naftalena. Minyak bumi jenis ini mengandung campuran parafin dan naftalena.
Untuk lebih memahami proses pembentukan minyak bumi, artikelnya bisa diliat disini. Dalam artikel tersebut disertai ilustrasi pengeboran minyak bumi.
Sumber: Drs. Sri Juari Santosa, M.Eng, Ph.D.Eng, dkk. Intan Pariwara. Kimia kelas X

Semoga bermanfaat...

Baca juga:
Pengolahan Minyak Bumi
Pembentukan Minyak Bumi

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)