Menggunakan GeoGebra

Program ini termasuk program yang sangat membantu, terutama untuk membuat gambar persamaan garis, sudut, dll yang berhubungan dengan perhitungan matematika. Dengan program ini kita dapat mengetahui secara detail posisi suatu titik dalam sumbu kartesian. Program ini saya coba gunakan untuk membuat gambar dari pergerakan robot lengan, baik pergerakan secara kinematik maju dan mundur. Berikut tampilan awal dari program:

 Untuk yang ingin menggunakan garis bantu atau grid caranya tingal klik kanan pada halaman untuk menggambar lalu pilih menu grid.
 Untuk mengubah skala grid caranya dengan mengklik layar utama pilih menu graphics yang terletak paling bawah, lalu pilih submenu grid yang paling kanan, lalu centang kolom distance. Ubah sesuai skala yang dinginkan. Umpama yang digunakan 1 mm x 1mm, jadi ubah nilai x dan y menjadi 0.1


 Untuk menggambar obje tool-tool yang ada bisa dipelajari secara otodidak.  Untuk membuat garis bisa mengklik tool segmen. pada toll ini fungsi bisa diubah dengan mengklik panah kecil yang menunjuk kebawah. Umpama ingin membuat gari dengan ukuran tertentu tinggal memilih segmen with given lenght. Klik dititik tertentu maka akan muncul klom untuk mengisi panjang dari garis
  
Untuk membuat suatu sudut bisa memilih tool angle, untuk sudut yang ditentukan bisa memilih tool angel with given size. Tinggal mengklik disuatu titik nantinya akan muncul klom untuk menentukan nilai sudut yang diinginkan. Terdapat dua pilihan dalam menu ini, yaitu counter clockwise untuk sudut dengan arah berlawanan arah jarum jam atau sebailknya yang searah (clockwise)

Berikut Tampilah hasil akhir dari gambar:
 Setiap titik akan terlihat semua nilainya secara mendetail pada titik koordinat katesian, nilai-nilai bisa dilihat disebelah kanan layar. Berikut tampilannya:

Untuk yang ingin tidak menampilkan suatu titik bisa mengklik bulatan pada tampilan nilai seperti diatas, sehingga warna bulatan menjadi putih. Untuk menghilangkan suatu label atau huruf simbol suatu titik saja bisa mengklik kanan titik tersebut nan klik menu Show label hingga tanda centang menghilang, demikian sebaliknya.

Selamat Mencoba....


Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)