Mindset therapy

Menurut buku yang ditulis oleh Andrias Harefa ini, kata mindset therapy diartikan sebagai terapi pola pikir. Buku yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2010 ini merupakan buku yang ke-37 dari Andrias Harefa. Andrias merupakan penulis yang produktif dan banyak dari karyanya yang menjadi best seller. Andrias yang serig menjadi fasilitator pembelajaran orang dewasa-pekerja, sebagai trainer atau pelatih, sebagai pembicara, dan sebgai penulis lebih dari 35 buku laris ini mengaku masih terus berproses untuk menemukan tugas hidupnya di bumi. Ya,. intinya pak Andrias ini seorang pembelajar sejati yang gak pernah puas dengan apa yang telah dimiliki dan diperolehnya.

Dalam buku ini pala pikir dapat disimpulkan dengan pengertian sebagai berikut:
"Jadi, pola pikir merupakan hasil dari sebuah pembelajaran (learning) dan karenanya bisa juga diubah (unlearning), dan dibentuk ulang (relearning). Ada yang mudah dan ada yang sulit dibubah, memang. Ada yang bisa cepat, ada yang perlu waktu yang lama, tentu saja. Ada yang bisa kita ubah dengan kesadaran sendiri, ada pula yang berubah setelah mengalami peristiwa tertentu. Ada pula pola pikir yang bis kita ubah dengan bantuan terapis, konselor, dan pihak tertentu yang memang kompeten dalam soal ini"

Lalu apa pertanda dari perubahan pola pikir kita, pak Andrias menuliskan pertanda dari pola pikir seseorang:
"Apa pertanda dari perubahan pola pikir? Mungkin ini: kita memahami hal yang sama dengan pengertian berbeda; kita menyadari apa yang semula kita benci tenyata justru perlu kita kasihi; kita tiba-tiba sadar bahwa apa yang tadinya kita yakini benar tenyata sangatlah salah; kita melihat diri, pekerjaan, dan dunia dengan cara yang berbeda dengan sebelumnya. Pola pikir yang berubah tidak mengubah situasi dan lingkungan dimana kita hidup, melainkan mengubah diri kita sendiri dari dalam."

Buku ini banyak berisi kisah-kisah inspiratif yang didapat pak Andrias dari milis teman atau sumber-sumber lain. Sebagai contoh disalah satu bab yang berjudul Pesona Baju dikisahkan cerita bertajuk Harvard vs Standford yang mengisahkan awal mula berdirinya Universitas Standford. Secara umum kisahnya ada pasangan suami istri yang bepakaian sederhana ingin bertemu rektor dari universitas Harvard. Mereka iningin bertemu rektor untuk memberikan sumbangan dalam rangka mengenang anaknya yang baru saja meninggal dan merupakan mahasiswa Universitas Harvard. Tak tanggung-tanggung mereka ingin menyumbangkan satu bangunan untuk pihak Harvard. Namun karena sang rektor tidak yakin dengan pernyataan mereka, permohonan mereka ditolak. Akhirnya Mr. dan Mrs. Leland Stanford memutuskan untuk membangun universitas sendiri di California yang menyandang nama mereka, sebuah peringatan untuk seorang anak yang tidak dipedulikan oleh Harvard.

Pada intinya dibuku ini dijabarkan bagaimana membentuk pola pikir kita untuk mengarah kepada kesuksesan, keseimbangan, kebahagiaan, dan hal yang mengarah ke nilai positif lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca bukunya.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)