Rahasia Melejetkan Daya Ingat Otak

Bagi yang pelupa (termasuk saya nih), yang pingin meningikatkan daya ingatnya, dirasa sangat perlu nih membaca salah satu buku karya Scott Hogwood yang diterjemahkan oleh penerbit Think. Scrott Hagwood sudah terkenal dengan kemampuan daya ingatnya yang super, alias diluar kemampuan kebanyakan orang. Ia sudah sangat sering tampil dalam acara-acara televisi ternama di Amerika. Di buku ini Scott juga berbagi pengalamannya saat kemampuan daya ingatnya diteliti oleh sekelompok ilmuan untuk pembuatan film dokumenter National Geographic (NatGeo). Buku ini "mengiming-imingi" pembaca dapan melejetkan daya ingatnya 'hanya dalam 7 hari'. Oleh karena itu buku ini berisi bimbingan dal latihan-latihan sederhana untuk merangsang dan menguatkan memori Ingatan otak kita.

Yang berkesan dari apa yang sayabaca dibuku ini adalah saat dijabarkan mengenai 'Musuh-musuh Ingatan' pada salah satu bab dibuku ini. Dijabakan musuh-musuh ingatan sebagai berikut:

Ketimbang mengutuk diri sendiri karena sudah lupa pada sesuatu, saya justru akan bertanya dalam hati,"Mengapa saya lupa?" Waktu tentu saja merupakan salah satu alasan utama mengapa kita melupakan sesuatu. Akan tetapi, ada tiga fakto utama lain yang saya temukan juga berpengaruh terhadap kemampuan mengingat kita, yakni Stress, Kurang tidur, dan perhatian yang tidak fokus. (halaman:201)
"
Jadi dijabarkan tiga faktor tersebut dapat menghambat atau bahkan merusak daya ingat seseorang.
  • Stress. Dijelaskan sebagai "pengganggu proses ingatan, dan bahkan stress yang kronis mampu merusak otak, maka seseorang perlu mengembangkan strategi-strategi pribadi dalam mengurangi atau menanggulngi dorongan emosi yang sangat membahayakan ini" (halaman 205)
  • Tidur cukup. "Menurut beberapa penelitian, ada sebuah alasan fisik menapa kita harus menikmati tidur yang nyenyak dalam kurun waktu beberapa jam. Dr. J. Allan Hobson, profesor psikiatri di Harvard Medical School, mengatakan behwa agar mampu untuk terjaga dan sadar, otak membutuhkan dua unsur kimiawi: noradrenalin dan serotonin. (halaman 213)" Nah klo kita kekurangan kedua unsur kimiawi tersebut, makakita akan kesulitan berkonsentrasi dan fokus. Untuk mendapatkan kembali kedua unsur kimiawi tersebut, sangat dibutuhkan tidur yang nyenyak.
  • Kurang Perhatian. Dipaparkan beberapa teknik dalam menjaga perhatian tetap fokus. "Pertama-tama, sadari sepenuhnya bahwa pikiran Anda hanya mampu memegang sebuah gagasan dalam satu waktu. Tanyakan apa, bagaimana, siapa, kapan, mengapa dan dimana. Ltihan ini akan membantu mAnda menciptakan sebuah lingkunagan mental yang sehat, yang mampu mencegah munculnya gangguan dari informasi yang tidak relevan. (halaman 221-222)"
"Untuk menjadi Grand Master ingatan diajnurkan menguasai tujuh asas ingatan berikut:
  1. Ingatan Anda sebenarnya memiliki kualitas gambar yang sempurna. Belajarlah untuk mengembangkan kemampuan alamiah ini.
  2. Ingatan merupakan sebuah pengalaman. Gunakan pengetahuan SEA (Senses, Emotions, and Action atau Indra, Emosi dan Tindakan) Anda untuk mengubah berbagai gambar mental ke dalam pengalaman yang multidimensional.
  3. Simpulkan apa yang Anda ketahui. Kita adalah akumulasi dari pengalaman hidup, yang dipenuhi dengan fakta, gambar, dan jutaan informasi. Gunakan Law of Association untuk mempercepat proses pembelajaran Anda.
  4. Gunakan The Rule of Ones untuk meminimalkan pengulangan, memaksimalkan waktu, dan menciptakan kebiasaan belajar yang baik. Ambilah keuntungan dari peningkatan kekuatan ingatan Anda.
  5. Stress bisa membunuh. Kemangkan strategi-strategi personal untuk mengurangi kekuatannya yang menghancurkan.
  6. Tidur. Usahakan untuk beristirahat malam dengan baik. Lakukanlah hal ini setiap malam.
  7. Tingkatkan rentang perhatian Anda. Cobalah untuk tidak membiarkan pikiran Anda terlalu terpikat pada peristiwa-peristiwa masa lau, maupun hal-hal yang anda ingin Anda lakukan di masa depan.
Ciptakan sebuah ruang "penyimpana permanen" dalam rumah Anda, dan berusahalah untuk mengingat tujuh asas ingatan berikut ini:
  1. Gambar
  2. Pengalaman
  3. Pengetahuan
  4.  Aturan
  5. Stress
  6. Tidur
  7. Perhatian"
(halaman 267-268).

Lebih lengkap dan detail dari tahap-tahapan, latihan untuk meningkatkan Daya ingat, bisa dibaca dibukunya langsung.

Semoga bermanfaat.....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)