Super Health

Buku yang satu ini layak dibaca untuk kawan-kawan, saudara/i yang ingin memuliki kesehatan yang bugar. Buku yang ditulis Egha Zainur Ramadhani mengupas berbagai segi kehidupan sehari-hari guna meningkatkan kesehatan kita. Pendekatan peningkatan kesehehatan melalui ibadah akan dibahas menurut dalil-dalil hadis dan Al-Quran, serta hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukan. Buku yang memiliki anak judul "Gaya Hidup Sehat Rasulullah" ini memang mengupas cara hidup sehat menurut teladan yang diberikan Rasulullah.
 
Buku ini diawali dengan bab mengenai Kebersihan diri. Dibahas hal-hal sederhana yang bisa berdampak besar bagi kesehatan kita. MUalai dari cuci tanggan, mnyikat gigi (Bersiwak), wudhu, dan mandi. Bab berikutnya secara berurutan membahas Tahajud,  Shalat subuh:penawal hari, rutinitas harian,dan seterusnya hingga ditutup dengan Bab12: Menjadi hamba yang ikhlas bersyukur.

Dibuku ini berisi tips-tips sederhana yang membantu untuk mempermudah penerapanya. Berikut beberapa tips yang dipaparkan pada buku ini:

Tips mencegah/mengurangi rasa kantuk:
  1. Segera bangun saat mata sudah terbuka, jangan turuti keinginan untuk berdiam di tempat tidur.
  2. Berwudhu adalah cara efektif dan praktis untuk mengurangi rasa kantuk. Selain mandi InsyaAllah makin membantu mengusir kantuk yang menerpa.
  3. Jika kantuk menerpa saat ibadah, ambil rehat dengan duduk atau berdiri, tapi jangan dengan bersandar. Hirup nafas dalam-dalam sebanyak 10-15 kali untuk memperkaya pemasokan oksigen ke otak, fokuskan mata dengan membaca Al-Quran ataupun buku.
  4. Buat lingkungan menjadi lebih terang, jika semula gelap, nyalkan lampu, jika semula redup,hadapkan diri pada lampu yang lebih terang.
  5. Cobalah cium wewangian serta dengarkan suara untuk membuat lingkungan tidak hening, seperti kaset, radio, dan sebagainya. Intinya buat pancaindra tidak "menganggur".
  6. Jangan percayakan diri pada kopi atau minuman sejenisnya.Selain tidak melatih diri, juga bisa menimbulkan ketergantungan. (halaman 70-71)
Tips mengelola stress:
  1. Seberat apapun beban, berusahalah tersnyum. Senyuman menjadi sugesti peringan beban; Senyum tulus dapat mencairkan hubungan yang beku, memberi semangat pada orang yang putus asa, membuat cerah suasana muram, obat penenang jiwa yang resah.
  2. Lakukan perengangan dengan olahraga, serta perbanyak puasa sunnah. Keduanya terbukti memicu tubuh menghasilkan endorfin dan enkefalin (dibahas di bab "Hari-hari khusus" topik Puasa sunnah) yang mampu memberi rasa bahagia, lega, tenang, rileks secara alami.
  3. Jika memungkinkan, jauhi sumber stress, tenagngkan diri dengan zikir, istigfar, mencari tempat tenang, atau melakukan hobi. Jangan memaksakan diri menghadapi stressor ketika diri masih tertekan, karena beban yang ada justru kian terasa berat.
  4. Setelah merasa lebih ringan, segera tentukan langkah untuk menghadapi strres. Jangan terlena menjauhi sumber stres, karena dapat menjadikan jiwa kecutserta lebih suka lari dari kenyataaan. (halaman 82)
Tips tidur berkualitas, dan mengatasi sulit tudur:
  1. Jagalah kebugaran tubuh dan rutin dalam berolahraga.
  2. Jadwalkan waktu dan lama tidur yang teratur, serta patuhi jadwal itu.
  3. Buat lingkungan sekeliling kita senyaman mungkin untuk tidur.
  4. Mandi air hangat pada malam hari, juga minuman eperti susu, sari buah, atau teh hijau, dapat membantu memudahkan tidur.
  5. Hindari tidur dalam keadaaan lapar atau kekenyangan.
  6. Matikan atau redupkan lampu; jangan tidur dengan peralatan pemancar elektromagnetik (letevisi, komputer, laptop) masih menyala.
  7. Menulis rencana tugas/beban untuk esok hari, tenangkan diri sebelum tidur.
  8. Jangan berlama-lama di tempat tidur jika belu mengantuk, lakukan aktivitas ringan untuk memancing kantuk.
  9. Jadikan tempat tidur untuk tempat beristirahat, jangan bekerja ditempat tidur. (hal 167-168).

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)