Membuat Sablon PCB Mudah & Murah

Beberapa hari yang lalu teman membagi info cara cepat dan mudah dalam membuat rangkaian PCB. Selain mudah rasa-rasanya lebih murah juga. Pembuatan PCB memang terkadang terasa rada menyusahkan, karena memerlukan beberapa proses hingga PCB bisa digunakan, salah satu langkahnya yaitu membuat rangkaian pada PCB. Teman tersebut mengajarkan menggunakan AUTAN (lotion anti nyamuk) untuk pembuatan PCBnya. Langkah-langkahnya juga mudah dan cepat jadinya.
PCB dan kertas rangkaian

Kelebihan dari pembuatan PCB menggunakan AUTAN:
  1. Untuk biaya yang dikeluarkan lebih murah. Kita hanya membutuhkan rangkaian yang telah difotocopy pada kertas biasa dan lotion AUTAN. Kurang lebih hanya menggeluarkan biaya Rp. 1000 kurang. Beda jika menggunakan teknik strika. Biaya setika jg kena hitungan, beli kertas foto (Rp. 1500) & biaya fotocopy yang lebih mahal (Rp.1000). Klau ditotal bisa kena biaya Rp. 3000an.
  2. Energi yang dikeluarkan lebih sedikit. Kita hanya mengoleskan dan meratakan lotion AUTAN ke permukaan kertas secara merata. Kalau pake strika energi yang kita kluarkan lebih banyak, karena harus memberi penekanan pada kertas foto saat menstrika.
  3. Waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Kalau dibandingkan dengan metode strika, dengan metode AUTAN terasa lebih cepat selesainya.
  4. Jika ada jalur yang belum menempel rangkaian bisa diperbaiki. Dengan AUTAN apabila ada jalur yang belum menempel, kita bisa menambah autan pada jalur tersebut dan menggosok ulang hingga jalur menempel di PCB. Berbeda dengan strika, jika tidak menempel pada PCB, dan kita ualang menyetrika jalur tidak bisa menempel kembali.
Untuk langkah-langkah dalam proses pembuatan kita membutuhkan beberapa alat dan bahan berikut:
  1. Wadah dengan sedikit air untuk menampung dan mencairkan AUTAN.
    Lotion nyamuk dan rangkaian PCB
  2. Kuas untuk meratakan AUTAN pada permukaan kertas. Jika tidak ada bisa juga pakai jari tangan.
    Meratakan Lotion ke permukaan Kertas
  3. Isolasi untuk merekatkan salah satu kertas agar tidak bergeser saat meratakan AUTAN.
    Isolasi salah satu bagian kertas rangkaian dengan isolasi
  4. Benda dengan permukaan halus, cantoh gagang/ tutup pulpen. 
    Meratakan lotion kesemua permukaan dengan benda yang memiliki permukaan halus
  5. Tisu diguanakan untuk mengurangi kelembaban kertas saat membuka kertas pada permukaan PCB.
  6. Spidol permanen untuk menebalkan jika ada rangkaian yang terputus atau kurang jelas.
Proses pembuatan PCB dengan AUTAN secara garis besar sebagai berikut:
  1. Setelah memiliki rangkaian yang telah difotokopy, tempelkan kertas gambar rangkaian pada permukaan PCB dengan tinta foto copy menempel ke papan PCB.
  2. Beri perekat/ isolasi disalah satu sisi kertas agar tidak bergeser-geser.
  3. Oleskan AUTAN ke atas permukan kertas dengan kuas atau jari tangan dengan merata. Oleskan secara perlahan diusahakan kertas tidak terlipat atau lecek saat meratakan AUTAN.
  4. Setelah dirasa merata, beri tekanan pada jalur-jalur yang dibuat dengan tutup pulpen, hingga terlihat tinta pada kertas menempel ke permukaan papan PCB.
  5. Jika dirasa kertas terlalu lembab bisa menggunakan tisu untuk membuat kertas lebih kering.
  6. Setelah diras cukup lembab kertas dibuka secara perlahan dan perhatikan apakah jalur telah menempel atau tdak, jika belum menempel kita bisa memberika AUTAN dan menggosok ulang hingga tinta menempel pada PCB. Diusahakan jangan membuka saat kertas telah kering karena lebih susah proses pembukaannya.
  7. Langkah trakhir, bersihkan secara perlahan kertas-kertas yang masih menempel pada PCB dengan bantuan air mengalir atau pada wadah. PCB siap untuk dilarutkan. Jika ada rangkaian yang terputus atau kurang jelas bisa ditebalkan dengan sepidol permanen.
    Hasil setelah kertas rangkaian dibuka

Video youtube yang mengajarkan cara membuat PCB dengan AUTAN bisa dilihat DISINI.

Namun setelah melihat proses pembuatan PCB engan AUTAN ada beberapa kekurangan dengan metode ini, diantaranya:
  1. Untuk rangkaian PCB dengan ukuran yang besar proses pemindahan tinta fotocopy pada kertas menuju tembaga PCB jadi lebih sulit. Hal ini dikarenakan saat meratakan autan ke permukaan kertas, kertas akan menjadi bergelombang dan sering ada udara yang terjebak. Hal ini mempersulit saat melakukan proses penekanan jalur pada PCB. Terkadang saat penekanan akan terjadi lipatan. Kalau dilihat metode AUTAN ini lebih cocok untuk rangkaian PCB yang ukurannya kecil atau sedang.
  2. Hasil yang diproleh lumayan baik, hanya daya rekat tinta pada PCB dengan AUTAN dirasa tidak terlalu erat dibandingkan dengan metode strika.
  3. AUTAN memiliki zat kimia yang masih belum saya pahami itu apa, tapi kalau dilihat jika penggunaannya terlalu banyak bisa membuat iritasi pada kulit. Hal ini ditunjukkan saat melakukan penekanan jalur dengan tutup polpen, tutup polpen yang digunakan terlihat seperti meleleh tipis dipermukaannya dan tulisan merknya terkikis hilang. Jadi mikir-mikir untuk menggunakan AUTAN banyak-banyak pada permukaan kulit nih!!.
Thanks untuk abang Haris10 yang telah menunjukkan proses pembuatan ini, jadi terinspirasi untuk mensahre ulang apa yang telah diajarkan dan bisa juga digunakan jika terdesak untuk membuat rangkaian lagi. Untuk yang mau belajar membuat rangkaian dengan metode gambar bisa baca tulisan INI. Atau yang mau belajar membuat screen sablon untuk membuat rangkaian bisa baca INI.

Selamat mencaoba....
Semoga Bermanfaat...

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)