Menginstall Movie Maker (ASUS EeePC)

Movie maker biasa digunakan untuk membuat, mengedit video. Program ini merupakan program bawaan dari microsoft windows. Namun saat mencoba mencari movie maker pada acsessoris bawaan windows 7, ternyata Movie maker belum terinstal. Untuk mengistal movie maker ini dibutuhkan koneksi internet.

Langkah awal ketikan keyword movie maker pada kolom search program and file di menu Start.
Hasil pencarian tidak menunjukan program movie maker, menandakan movie maker belum terinstal. Kita akan diarahkan untuk menuju situr resmi microsoft untuk mendownload langsung secara online. Akan muncul pilihan Go online to get Live Essentials.
Klik link yang disediakan, maka setelah situs resmi microsoft termuka tersedia pilihan untuk mendownload Live Essentials. Klik Download, setelah setup untuk menginstall terdownload, buka setup tersebut.
Setelah setup terbuka akan muncul dua opsi pilihan, yaitu menginstall semua bagian windos Essentials atau memilih program yang akan diinstal secara custom. Kita pilih custom yaitu hanya menginstal Movie Maker. Karena jika mendownload seluruh Windows Essentials akan memakan waktu yang lebih lama dikarenakan ukuran yang akan didownload lebih besar.
 Pada menu custom kita hilangkan seluruh tanda centang dan hanya menyisakan centang pada Movie Maker
Setelah itu ikuti proses selanjutnya, tunggu hingga file Movie Maker terdownload secara keseluruhan, jika sudah selesai maka kita kembali kemenu Search program and file di menu Start. Ketikan kata Movie Maker, maka akan muncul Pilihan Movie Maker. Pilih menu tersebut. Namun saat pertama kali membuka file movie makertersebut, di laptop saya muncul peringatan bahwa movie maker tidak bisa memulai, kemungkinan dikarenakan sepesifikasi yang tidak mencukupi dan disarankan untuk mengupdate driver video.
Saya menglik opsi pilihan What the system requirements for Movie Maker? untuk menetahui spesifikasi yang dibutuhkan untuk menginstal program ini. Setelah melihat disitus resmi microsoft ternya spek yang dibutuhkan secara umum yang paling penting adalah:
  • Memory: 1 GB of RAM (2 GB of RAM or higher is recommended when editing HD (high-definition) video)
  • Processor: 2.4 GHz (single processor) or higher (a dual-core processor or higher is recommended when editing HD video) 
Setelah saya melihat spesifikasi laptop ASUS yang saya gunakan, ternyata speknya masih memenuhi kriteria yang dibutuhkan.
 Mencari-cari disitus resmi mcrosoft, ternyata ada solusi uang ditawarkan, yaitu mengupdate windows yang digunakan. Saya mencoba saran tersebut, saya download update Windows yang saya gunakan. Setelah mendownload updatean windows selasai, restart komputer. Lalu saya mencoba membuka program Movie Maker, ternyata Movie Maker BERHASIL terinstal dan siap untuk digunakan.

Selamat Mencoba,...
Semoga Bermanfaat.....

Baca Juga:

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)