Kelajuan dan Kecapatan

Apa beda kalajuan dan kecepatan?

Dalam percakapan sehari-hari orang awam sering mencampuradukkan istilah kelajuan dan kecepatan. Tetapi dalam Fisika kedua istlah ini memiliki perbedaan yang jelas. Jika Anda melihat spidometer sebuah mobil yang sedang bergerak dan menyatakan bahwa mobil sedang bergerak 60 km/jam ke timur, maka yang Anda maksudkan disini adalah kecepatan mobil.

Kelajuan adalah besaran yang tidak brgantung pada arah, sehingga kelajuan termasuk besaran skalar. Perlu juga Anda ketahui bahwa kelajuan termsuk besaran skalar yang nilainya selalu positif. Alat ukur mengukur kalajuan adalah spidometer.
Gambar speedometer. Sumber Gambar: http://s.hswstatic.com

Kecepatan adalah besaran yang bergantung pada arah sehingga kecepatan termasuk besaran vektor. Untuk gerak dalam satu dimensi, arah kecepatan dapat dinyatakan dengan tanda positif dan negatif. Sebagai contoh jika kita tetapkan arah ke timur sebagai arah positif , maka kecepatan mobil 60 km/jam ke timur cukup ditulis +60 km/jam, dan kecepatan mobil 60 km/jam ke barat cukup ditulis -60 km/jam.

Apalah alat ukur kecepatan? Misalnya sebuah mobil memiliki spidometer jenis linier yang dilengkapi dengan pebacaan angka negatif apabila mobil bergerak mundur. Alat ini kita sebut velocitometer yaitu alat untuk mengukur kecepatan. Ketika mobil bergerak maju pada kelajuan 60 km/jam, veloctometer akan menujukkan +60. Akan tetapi ketika mobil bergerak mundur dengan kelajuan 60 k/jam, veloctometer akan menujukkan -60. Contoh ini dengan jelas menunjukkan bahwa kecepatan sesaat adalah kelajuan sesaat beserta dengan arah geraknya.
Gambar veloctometer. Sumber Gambar: http://canu.ucalgary.ca/

Perlu dijelaskan ulang bahwa yang kita bahas di atas adalah beda kelajuan sesaat dan kecepatan sesaat. Kelajuan sesaat adalah besaran skalar, yng diukur dengan spidometer. Sedangkan kecepatan sesaat termasuk besaran vektor yang diukur dengan velocimeter. Untuk suatu benda yang bergerak dalam suatu selang waktu dan dalam gerakanya tidak pernah berhenti walaupun sesaat baik kelajuan sesaat maupun kecepatan sesaat tak mungkin bernilai nol. Kelajuan sesaat maupun kecepatan sesaat hnya nol ketika benda berhenti sesaat.

Sumber:Fisika untuk SMA kelas X. Ditulis oleh: Marthen Kanginan. Penerbit Erlangga. Halaman 109-110

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)