Memperbaiki Genset

Saat mati lampu biasanya kita merasa bosan, kemungkinan tidak ada yang bisa dikerjakan. Sudah sewajarnya penggunaan genset sebagai pengganti pemasok listrik dirumah. Namun jika pada genset tidak bisa digunakan maka diperlukan proses reparasi atau perbaikan. Sebelum memaparkan langkah-langkah perbaikan ada baiknya dipaparkan beberapa penyebab kerusakan pada genset. Beberapa penyebab tersebut sbb:
* Genset telah lama tidak digunakan. Genset yang telah lama tidak digunakan biasanya akan sulit untuk dinyalakan kembali.
* Jika menggunakan bahan bakar bensin penambahan sedikit oli baru dapat mengatasi kemacetan genset.
* Pir pada penarik genset yang sudah mulai mengendur, bahkan telah mengalami kerusakan. Kerusakan ditandai dengan adanya sedikit atau bahkan banyak tali yang tidak tergulung usai melakukan penarikan.
* Busi Genset (Pemantik) yang udah mulai rusak, kotor atau terendam basah.

Setelah mengetahui beberapa penyebab kerusakan genset, kita bisa melakukan beberapa hal untuk perawatan atau mencoba untuk memperbaiki sendiri. Beberapa langkah tersebut adalah:
* Jangan lupa untuk tetap menambahkan oli baru pada bensin yang digunkan. Hal ini dapat menjaga agar mesin genset dapat lebih awet dan terjaga.
* Jika pir tarikan rusak atau tali tarikan putus, minta tolong montir terdekat untuk menggantinya. soalnya rada susah jika kita mencaoba memasangnya sendiri.
* Kalau telah lama tidak digunakan biasanya susah untuk dinyalakan untuk pertamakalinya. Berdasarkan percobaan, coba buka lubang angin tepat dibagian depan genset, yang dibaut dengan 4 baut piles. Berdasarkan percobaan setelah dibuka menyalanya lebih mudah.
* Terkadang bagian pengaturan daya tarik motor/ mesin yang msih kurang. Kita bisa mengatur bagian baut genset yang mengatur tarikan gas ini. Biasa diistilahkan 'langsam'nya atau apa istilah lainnya. Dicoba mengatur bagian ini (letaknya dekat keran buka tutup bensin) kemungkinan bisa menjaga genset tetap menyala dengan stabil. Tapi perlu dicek juga tegangan keluarannya (liat indikator voltmeter pada genset), jangan sampai terlalu tinggi melebihi 220 V.
* Busi genset yang telah kotor , rusak atau 'basah, terendam' bisa menjadi penyebab genset sulit untuk dinyalakan. Busi merupakan sumber pembakaran untuk bs menggerakan genset. Jadi kalau ada ganguan dari bagian busi ini, kineja genset juga akan tergannggu. Cara paling cepat coba ganti busi dengan yang baru. Bisa juga mencoba mengamplas bagian ujung busi, hingga kotoran yang melekat terlepas dan dicoba lagi.

Setalah mengetahui beberapa langkah cara mengatasi beberapa permsalahan kemacetan genset, ada beberapa langkah perawatan sederana agar genset tidak sulit untuk dinyalakan. Diantaranya:
* Usai menggunakan genset tutup keran saluran bensin. Tujuannya yaitu agar busi genset tidak "terendam" yang menyebabkan busi menjadi "basah". Jika busi telah basah maka kita akan kesulitan untuk menyalakannya lagi.
* Jika sudah mulai jarang mati lampu atau genset mulai jarang digunakan lagi, sempatkan waktu untuk selalu memanaskan genset setidaknya 1 minggu sekali, sekedar menghangatkan genset agar tidak sulit dinyalakan saat dibutuhkan.
* Seperti yang tertulis sebelumnya tambahkan sedikit oli baru (1-2 tutub botol oli untuk 1-2 liter bensin) pada bahan bakar yang digunakan.

Dengan beberapa langkah diatas biasanya ada yang bisa menangani permasalahan" dari gangguan genset. Jika ternyata emang tetap kesulitan untuk mencoba memperbaiki genset sendiri ada baiknya meminta bantuan kepada montir yang lebih berpengalaman.

Selamat mencoba....
Semoga bermanfaat....

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)