Mengatasi Pulpen Macet

Pulpen adalah barang yang biasa diguakan untuk memulis atau menggambar. Biasanya yang sering menjadi masalah saat menggunakan pulpen adalah pulpen menjadi macet padahal tintanya masih banyak atau malah baru dibeli beberapa saat. Hal inipasti membuat kita kecewa,apalagi saat pulpen lagi sangat dibutuhkan, untuk meminta tanda-tangan umpamanya.

Ada beberapa penyebab yang biasanya membuat pulpen macet:
* Pulpen jatur dari lokasi yang cukup tinggi. Bila saat jatuh mengenai ujung pulpen biasanya menambah besar peluang pulpen untuk macet, kemungkinan bola pada ujung pulpen menjadi rusak dan tidak bisa berputar.
* Menulis pada permukaan yang tidak datar atau kotor. Biasanya jika menulis di permukaan yang kasar, contohnya kertas yang baru saja di tipe-X kemungkinan macet bisa terjadi.
* Tekanan pada tinta yang kurang. Terkadang karena kurangnya tekanan pada tinta maka ditengah-tengah tinta pulpen adacelah udara.

Setelah mengetahui penyebab-penyebab pulpen macet, sekarang kita bahas beberapa solusi yang bisa dilakukan. Diantaranya:
* Keluarkan isi pulpen lalu tiup tintanya dengan cukup tekanan sambil mencoba mencoret-coret dipermukaan kertas. Bila saat meniup dan tinta mulai keluar itu pertanda tinta sudah mulai lancar keluar.
* Bila langkah pertama masih belum bisa, kita bisa mencari pulpen yang sudah habis tintanya. Kok perlu cari pulpen habis? Pulpen yang telah habis tintanya menandakan kepala (ujung) dari pulpen befugsi dengan baik dan kemungkinan masih bisa digunakan. Kita cabut kepala pulpen, lalu ditukar antara pulpen yang habis tinta dengan yang macet. Lakukan kembali langkah yang pertama, hingga tinta bisa keluar. Bila masih belum bisa kita bisa mencari pulpen lain yang telah habis tintanya juga, kemungkinan ujung tinta sudah terlama disimpan dan ada tinta yang kering dan menyumbat.
Dengan demikian kita tidak perlu langsung  membuang pulpen macet yang kita gunakan, karena sebenarnya masih bisa digunakan dengan sediktit percobaan dan kreatifitas yang kita lakukan.

Semoga bermanfaat....

Comments

  1. DjddbidkhdusbdjdbsjdhdhhdudhdjshdhdhgdjxjdkobdihdidhdjjdbdixhddhdjjdhdjdhidhxidhdudgwhteuwUEdfhcbxjbdjsjhocodhdjjdjdjcbieijdichdidhcjdhdjhxkdhdidhcjxijh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)