Menghilangkan Kebosanaan

Bosan, setiap orang pasti pernah merasakannya. Bisa saat menunggu teman yang terlalu lama datang, saat mati lampu karena tidak ada yang dikerjakan, atau saat mendengar pelajaran yang sulit untuk dipahami. Pada intinya bosan merupakan suatu perasaan yang mengakibatkan seseorang menjadi tidak senang melakukan sesuatu, kurang bergairah dan tidak bersemangat. Tulisan ini berusaha membantu untuk mengatasi rasa bosan tersebut. Sebenarnya ada benyak hal yang bisa dilakuan untuk menghilangkan rasa bosan ini, sebelum itu dicoba untuk dibahas apa saja penyebab kenapa rasa bosan bisa datang.

Penyebab Bosan:

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan rasa bosan datang:
* Pada intinya rasa bosan muncul dari pikiran. Pikiran yang tidak terpacu, terstimulus, atau bergairah bisa menjadi penyebab rasa bosan datang. Contoh paling sering dialami kita yaitu saat menerima suatu pelajaran dari guru atau dosen namun kita tidak paham atas yang disampaikan itu, bawaannya kita merasa jenuh, mengantuk, menguap berkali-kali atau behkan melamun sendiri.
* Lingkungan yang mendukung rasa bosan muncul. Contoh jika kita dirumah dan serasa 'tidak ada' yang bisa dikerjakan, suasana yang tenang dan sepi membuat kebosanan muncul. Bandingkan kalo di lingkungan yang ramai, baik oleh suara-suara orang berbincang, berkerja atau keributan lain, rasa bosan setidaknya sulit untuk mampir. Kalau dilingkungan seperti itu kita merasa bosan, setidaknya teman disekitar akan mengajak kita berbicara, atau sekedar menangyakan keadaan.
* Kondisi fisik yang ngak fit atau sakit. Fisik yang sedang lelah dirasa bisa juga jad penyebab kita merasa cepat bosan.
* Seperti fisik mental atau psikis pun bisa juga sakit. Mental sudah kita ketahui sangat bisa mempengaruhi pikiran kita, jadi jika metal atau psikis kita ada gangguan atau sakit kemungkinan rasa bosan bisa juga terjadi.
* Melakukan aktifitas, kegiatan yang sama berulang-ulang pada waktu yang cukup lama. Contoh: jika dipabrik kita bertugas sebagai pensortir barang, terkadang kita akan merasa bosan saat kita melakukan kegiatan pensortiran itu secara berulang-ulang.

Dampak Kebosanan:

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari rasa bosan, dampak yang diberikan perasaan bosan ini dirasa perlu dipaparkan, diantaranya:
* Merasa tidak memiliki arah dan tujuan. Jadi terkadang bingung mau ngapain lagi, seakan serasa tidak ada hal yang bisa dilakukan untuk memberi kesaenangan atau kebahagian.
* Rasa kantuk yang berujung ingin tidur. Kebanyakan kita kalau sudah bosan dan tidak tau apa yang bisa dilakukan pelariannya ya tidur. Paling efektif dan mudah sepertinya,. Beruntung bangun tidur bisa jadi lebih bersemangat, tapi kalau malah bikin badan tambah malas dan ngak fit, wah rasa bosannya bisa tambah semakin menjadi-jadi.
* Gangguan mental. Gangguan mental atau psikis disini bisa berfariasi, dari yang ringan hingga berat. Dari bosan bisa membuat seseorang jadi pemarahm ngak sabaran, sedih, pemurung. Jika sudah begini dan tidak ditanggani bisa menjadi akut, jangan-jangan sampai berujung jadi bosen untuk 'hidup'. Jangan sampai kayak gutu dah ya. Harus segera ditanganin.
* Kesehatan fisik yang menurun. Seperti yang dipaparkan diatas biasanya jika bosan kita cendrung pelariannya untuk tertidur. Nah jika tidurnya berlebih otomatis, penyakit-penyakit bisa lebih mudah menyerang tubuh. Fisik yang melemah karena tidak pernah diajak untuk beraktifitas, menyebabkan daya tahan menurun dan  lebih mudah diserang penyaki.

Cara mengatasi Bosan:

Beberapa dampak diatas terkadang sering kita rasakan, atau mungkin sedang kita rasakan pada saat ini. Nah bagaimana untuk menghilangkan rasa bosan ini. Seperti pepatah yang berbunyi "Bosan itu sangat membosankan", jadi sudah selayknya kita segera untuk menghilangkan kebosanan ini, jangan dibiarkan terulang secara terus menerus. Beberpa langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebosanan:
* Berusaha memaknai kehidupan. Meyakini waktu yang kita miliki jangan disiakan hanya karena rasa bosan, yakin waktu suatu saat akan dipertanggung jawabkan. Banyak hal yang bisa kita lakukan ketimbang berlarut didalam kebosanan.
* Melakukan sesuatu yang baru. Tekadang kita melakukan hal-hal yang kita senangi untuk menghilangkan kebosanan, bisa main game, menonton TV, mendengar musik dll tetapi rasa bosan tidak kunjung hilang. Itu pertanda kesenangan yang kita lakukan perlu suatu Variasi atau melakukan hal yang baru. Contohnya jika kita jarang berolah raga ada baiknya sekali-kali kita berolah raga, tentu akan terasa berat untuk memulainya, tapi yakin deh kita bisa merasakan kesegaran fisik dan mental setelahnya
* Berekreasi. Kemungkinan karena kejemuan atau kebosanan akbat bekerja atau mengerjakan tugas, sekali-kali meluangkan waktu untuk berekreasi dirasa amat bermanfaat. Bisa mengunjungi daerah wisata, ke pantai, pusat perbelanjaan, yang intinya memberi suntuikan bagi kesegaran pikiran dan mental.
* Olahraga. Seperti yang dipapakan diatas olah raga bisa membantu menghilangkan kebosanan. Olah raga yang dilakukan bisa dengan tingkatan ringan hingga menengah, contohnya jalan santai, bersepedah, berenang, dll. Dengan olah raga peredaran darah keseluruh menjadi lebih lancar. Dengan berolah raga dapat membantu juga mengeluarkan zat kimia (hormon) dalam tubuh dopamin yang berfungsi memberi ketenangan. Kalau kekurangan dopamin memberi efek tersendiri (bisa liat artikel INI).
* Bersilaturahmi mengunjungi saudara atau teman. Kalau bosan melanda mengunjungi saudara atau teman terkadang bisa membantu menghilangkan kebosanan. Apalagi jika saudara atau teman kita itu orangnya ceria, enak diajak berbicara. Setidaknya bisa menghibur diri kita yang sedang dilanda kebosanan.

Kegiatan Penghilang rasa Bosan:

* Bermain game. Kebanyakan orang pasti sering melakukan ini. Bermain game di laptop, PC, atau smartphone bisa jadi solusi penghilang rasa bosan.
* Membaca buku. Kategori buku yang bisa dibaca bervariasi, dari novel, motivasi, majalah, atau komik. Tergantung minat dan kesukaan.
* Menulis. Terangganya membaca ya menulis ini. Yang bisa ditulis bisa dari ungkapan perasaaan, buat cerita atau cerpen. Setidaknya membuat kita lebih ada kegiatan dan membuat kita lebih berpikir.
* Menggambar. Orek-orekan gambar entah itu jelas atau pun jadi karya seni yang indah, menggambar bisa juga membantu menghilangkan kebosanan.
* Nonton TV atau Movie. Nonton bisa jadi pilihan lain untuk menghilangkan rasa bosan. Tapi yang ditonton ada baiknya yang mendidik, jangan sinetron terus.
* Mendengarkan atau bermain musik. Mendengarkan lagu yang bersemangat, lembut atau rock bisa jadi pilihan juga. Bagi yang bisa bermain alat musik bisa juga dimanfaatkan keahliannya ini, dari main gitar, drum, piano dll.
* Berolahraga. Dengan bermacam-macam jenis olah raga yang bisa dipilih, bisa berenang, jalan santai, bersepedah, jongging dll.
* Beribadah. Mendekatkan diri kepada Tuhan, selalu memohon diberi bimbingan hidup. Yakin deh, hidup jadi lebih bermakana, tenang dan bahagia.

Pada intinya untuk menghilangkan rasa bosan, kita harus selalu berusaha aktif baik secara fisik atau pikiran. Jangan dibiarkan kekosongan menguasai diri. Melakukan sesuatu yang baru dan bervariasi bisa menjadi solusi sederhana untuk menghilangkan rasa bosan. Selalu berusaha untuk memanfaatkan waktu dan tidak menyiakannya dengan percuma, selalu berusaha berkarya dan melakukan sesuatu yang positif, serta memiliki arah dan tujuan hidup yang jelas akan membuat hidup lebih bergairah, bermakana atau bersemangat, sehingga rasa bosan sulit untuk mampir bahkan nagk berani datang.

Semoga bermanfaat.....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)