Tentang Nyamuk

Mengapa Nyamuk Betina yang Mengigit?

 Nyamuk betina mengisap darah orang dan binatang. Darah diperlukan untuk membantu nyamuk bertelur. Kalau tidak menghisap darah, kebanyakan nyamuk tidak bisa bertelur. Maka mulutnya yang seperti jarum ditusukkan ke tubuh orang atau binatang dan darah pun diisap. Pejantan hanya menghisap air dan sari tumbuhan.

Bagi Orang Tua
Setiap kali menghisap, nyamuk betina menyedot darah sebanyak dua kali berat tubuhnya. Nyamuk ini akan menghisap darah orang sampai lima kali, dan sepanjang hidupnya terus menerus bertelur. Kegiatan bertelurnya baru berhenti setelah nyamuk itu mati. Beberapa jenis nyamuk, khususnya dinegara-negara tropis, menghisap darah dan bertelur sepanjang tahun. (halaman 62-63)

Mengapa Gigitan Nyamuk Terasa Gatal?

 Nyamuk menggigit orang dan menghisap darahnya. Sewaktu menghisap, nyamuk mncampur darah itu dengan air liurnya. Berkat air liur tadi darah menjadi lebih mudah dihisap. Dan air liur ini juga menimbulkan rasa gatal.

Bagi Orang Tua
Nyamuk dapat menularkan penyakit, misalnya radang otak dan malaria. Organisme penyebab penyakit sering kali masuk dalam tubuh nyamuk sewaktu menghisap darah. Organisme itu bercampur dengan air liur dan dipindahkan melalui mulutnya ke tubuh korban. Nyamuk dapat dibasmi dengan menyingkirkan kaleng bekas, menimbun genangan air dan rawa-rawa tempat bertelutnya. (halaman 64-65)

Sumber: Dunia Serangga. Widya Wiyata Pertama Anak-Anak

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)