Saturday, April 23, 2016

Kesedihan akan Berlalu

Tetesan air mata, dada yang terasa sesak, jantung yang terasa seperti terusuk-tusuk, bisa jadi indikator kita sedang merasakan kesedihan. Ya, setiap orang pasti mernah mengalami yang namanya kesediha. Baik itu karena hal-hal kecil atau hal yang besar. Dari kehilangan HP kesayangan, ditinggal kekasih, atau berpisah dengan salah satu ortu. Hal ini pasti membuat kita merasa sedih. Sebenarnya hal ini adalah wajar, sifat bawaan kita sebagai manusia. Karena tanpa kesedihan kita ngak akan mengerti apa arti kebahagiaan, tanpa kesedihan yang kita rasakan kita mungkin tidak bisa berkembang lebih atau menjadikan kita lebih baik. Dengan kesedihan kita akan merasa ada kekuasaan diatas segalanya yang telah menatur, itulah kekuasaan Allah SWT, Tuhan seluruh Alam semesta. Jadi jika kita mensikapi kesedihan yang kita rasakan dengan positif dan benar, maka kita akan memperoleh banyak manfaat, memperoleh hikmah darinya. Yang salah, saat kita bersedih kita terlalu berlarut-larut, kita menjadi berputus asa, kita menaniaya atau mendzolimi diri sendiri.
Sumber Gambar: maslyna-kehidupanku.blogspot.com

Dari kesedihan ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar kita tidak berlarut-larut didalamnya, dan dapat melangkah lagi dengan tegap:
  1. Mengambil pelajaran dari setiap kesedihan yan kita alami. Yakin dibalik kesedihan yang kita alami, banyak pelajaran yang bisa kita petik, kiata dapat ilmu baru dan berusaha berpikir positif dari setiap kejadian. Yakin hal yang telah terjadi adalah hal yang terbaik yang ditakdirkan-Nya.
  2. Memperbaiki diri. Biasanya dibalik kesedihan tersebut, kita baru sadar bahwa kita memiliki banyak kekurangan yang masih pelu diperbaiki. Kita harus memacu diri untuk jadi lebih baik, melalkukan yang terbaik "hingga sedih tak mau datang lagi (kayak lirik lagu Ipang-Sahabat Kecil)"
  3. Kembalikan segala kesedihan dan kesusahan kepada yang Maha Berkehendak. Kembalika semuanya kepada Allah SWT. Karena semua telah di Takdirkan-Nya. Kita akan jadi lebih sadar, kita sebagai makhluk banyak kekurangan, begitu lemah, tidak memiliki daya dan upaya melainkan melalui pertolongan-Nya. Dekatkan diri kepada-Nya, perbaiki ibadah, tingkatkan kekhusuan Doa. Kita sebagai makhluk hanya bisa berusaha sebisa kita, masalah hasil kita pasrahkan dan serahkan kepada-Nya.
Kesedihan bisa diibaratkan rasa 'pahit', sedangkan kebahagiaan sebagai rasa 'manis'. Kedua hal itu tidak bisa dipisahkan, keduanya harus bisa kita rasakan. Dengan demikian kita akan memahami makna dari kedua 'rasa' itu. Ambil hikmah dari kesedihan yang kita alami, berpikir positif, cepat bangkit dan tidak berlarut didalam kesedihan, lakukan yang terbaik selama kita masih diberi waktu oleh-Nya. Nikmati semua kejadian, karena kesedihan akan membuat kita menjadi lebih tangguh, bersahaja, dan lebih dewasa.

Semoga bermanfaat.....

1 comment:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru