Saturday, April 23, 2016

Semangat Terbarukan

Semangat adalah pengerak seseorang untuk melakukan sesuatu, mengajar sesuatu yang diinginkan atau untuk berubah jadi lebih baik. Sudah sewajarnya orang yang memiliki semangat terbarukan seakan tidak pernah terlihat lelah, kehilangan arah atau putus asa, walau kenyatannya sedang mealami hal yang terlihat sulit. Semangat pun bisa diperbarui, jadi bukan hanya masalah Energi aja yang bisa diperbaharui. Dengan menjaga semangat tetap konsisten pada kondisi pas , wajar dan tidak berlebih, kita akan merasa lebih mudah untuk terus melangkah melawan rintangan yang menghadang. Tapi jika over semangat, harus hati-hati tanpa terasa tiba-tiba badan, fisik, pikiran atau mental tiba-tiba berasa lelah, mungkin bisa diistilahkan burnout. Jadi kondisikan semangat diri pada kondisi yang wajar. Ibarat api, apabila dalam kondisi wajar dan terkontrol maka akan bermanfaat bagi kita, bisa untuk masak, bisa untuk penerangan dan hal berguna lainnya. Namun apabila terlalu berlebih dan tak terkontrol maka bisa mendatangkan bencana, kebakaran hutan, kebakaran rumah, kompleks, dll.
Sumber Gambar: srilestari521.wordpress.com

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memperbarui semangat kita, diantaranya:
  • Bergaul dengan orang-orang positf, menyemangati kita untuk jadi lebih baik, berkembng, tak mudah putus asa, dst. Dengan bergaul dengan orang positif seperti ini otomatis kita akan tertular energi positif yang dimilikinya. Disaat kita lagi minus semangat, mereka akan menyuntukkan semangat baru.
  • Membaca buku motivasi. Hal ini bisa sangat membantu kita untuk mendapatkan energi semangat dalam waktu singkat. Sebenarnya ini sama seperti poin pertama, hanya kita memasuki pemikiran seseorang melalui perantara tulisan. Jadi bisa kita baca kapan saja dan dimana saja, lebih mudah dan cepat untuk menyuntikan energi baru.
  • Mendengarkan lagu positif dan memotivasi. Jangan cuma dengerin lagu galau, atau yang berbau cinta-cintaan aja. Karena kalau keseringan denger lagu kayak gitu ntar bawaanya sedih, badmood, jiwa lemah. Banyak lagu positif yang bisa kita dengarkan, resapi rilik positifnya, dan rasakan dampaknya.
  • Lakukan hal positif lainya. Jadi setiap orang memiliki banyak cara sendiri untuk memotivasi diri sendiri, lakukan hal itu, nikmati prosesnya, maka secara perlahan akan membangkitkan semangat diri. Lakukan hal-hal itu selama itu hal positif, bermanfaat dan tidak merusak diri.
Dari semangat yang terbarui kita akan menjadi lebih produktif menghasilkan karya, tidak mudah hilang arah dan tujuan jika mengalami kesulitan atau kegagaan. Menjadikan diri kita lebih ulat, pantang menyerah dan akan lebih mudah diterima orang lain. Jadikan semangat yang terbarukan ini untuk melakukan kebaikan yang bermanfaat bagi banyak orang, bukan karena pujian, harta, atau hal lain yang berbau material. Hal yang berbau material memang bisa menjadikan kita lebih bersemangat, namun semangat akan lebih bermakana jika diarahkan untuk hal yang lebih baik sekedar materi....

Semoga bermanfaat....

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru