Wednesday, May 4, 2016

Ayo ke Semarang (Mampir ke Simpang Lima)

Kota Semarang menurut situs wikipedia adalah kota metropolitan urutan kelima setelah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. Kota semarang memiliki perkembangan ekonomi yang pesat ditandai banyaknya pembangunan gedung-gedung tinggi.  Kota yang tekadang memiliki suhu yang cukup panas ini, memiliki penduduk yang padat. Masih menurut situs wikipedia Kota Semarang mempunyai jumlah penduduk yang hampir mencapai 2 juta jiwa dan siang hari bisa mencapai 2,5 juta jiwa.

Universitas yang terkenal di Semarang adalah Universitas Dipenegoro (UNDIP) letaknya di dekat kantor gubernur semarang dan tidak terlalu jauh dari simpang lima. Bisalah mampir ke UNDIP walau sekedar numpang foto di gerbang masuknya. He..he...

Universitas Dipenogoro
Di semarng yang terkenal banyak, namun kayaknya yang paling terkenal adalah kawasan Simang lima. Jadi disimpang lima ini dikelilingi oleh gedung-gedung tinggi, baik itu kantor pemerintah, swasta atau gedung tinggi dari mal-mal. Di tengah simpang lima ini adalah ruang publik yang berupa lapangan hijau yang cupup besar. Biasa dijadikan tempat berolahraga, bisa basket, voly, sepak bola, dll. Pada hari tetrtentu, simpang lima di padati oleh komunitas sepedah. Jadi klau pagi nagk heran kita liat banyak komunitas sepedah atau individu yang meuterin simpang lima.
Simpang Lima

Tampak lapangan di tengah Simpang Lima

Malam minggu disimpang lima ngak kalah ramainya dengan pesta rakyat. Banyakmasyarakat yang berkumpul, para pedagang juga ramai berjualan, pengamen-pengamen silih berganti menyayikan lagunya. Padat banget dah lapangan disimpang lima klau malam minggu. Jadi jangn lupa mampir ke lapangan simpang lima saat malam minggu. Nah kalau minggu paginya simpang lima ditutup untuk kendaraan bermotor. Ya, acara CarFreeDay adalah acara rutin yang dilaksanakan setiap minggu pagi. Ngak kalah ramainya dengan malamnya, disimpang lima biasanya setiap minggu pagi diadakan acara atau Event-event tertentu, seperti erobik bareng. Para kamunitas banyak berkumpul, dari pecinta anjing, pecinta reptil bisa kita temui di sini saat Car Free Day.
Car Free Day di sekitar Simpang lima

Di semarang penulis juga tidak sengaja melihat Street Perform Reok Ponorogo. Jadi hiburan menarik bagi masyarakat. Atraksinya beraneka ragam, dari anak kecil yang udah jago dan pede nari ala reok, kuatnya mas-mas yang atraksi dengan topeng reok yang begitu besar dan berat, ada juga atraksi 'main' api, yaitu mematikan obor dengan mulut (ngak kebayang lidahnya melepuh ngak ya?). Pokoknya seru lah ngenontonnya...

Atraksi Reok dengan Topeng Singonya

Atraksi Reok yang 'maen' api
Jadi Ayo ke Semarang,  jangan lupa mampir ke Simpang Lima, dan Lihat budayanya,....

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru