Memperbaiki Laptop Hang, Macet, Restart atau Mati Sendiri

Pernah punya pengalaman lagi asik-asik mengopraskan laptop kok tiba-tiba macet, not responding, akhirnya ngerestat sendiri atau kalau ngak kita matiin paksa dengan menahan tombol powernya. Kalau yang pernah ngalamin pasti kadang ngerasa kesal atau khawatir data peting atau laptop bakal rusak kalau sering-sering kayak gini.
Sumber gambar: kukuhizal.blogspot.com

Kalau di diagnosa ada beberapa penyebab yang bisa  menyebabkan hal seperti ini. Diantaranya:
  1. Laptop terlalu panas.
  2. Ada program yang berjalan dan terlalu berat atau memakan banyak memori untuk beroperasi.
  3. Terkena virus
  4. Sistem windows Udah mulai Rusak.
  5. Ada Hardware (Hardisk, RAM, VGA, atau Wireless) yang rusak.
Untuk mengatasi hal diatas kita bisa menggunakan beberapa cara, dari menggunakan cool pad, program yang dijalankan harus disesuaikan dengan kemampuan laptop, update antivirus secara rutin, kalau windos udah mulai corupt (rusak) bisa di repair atau restor (kebaliin) ke saat windows masih berjalan lancar, atau bahkan perlu diinstal ulang. Kalau masalah Hardware yang rusak perlu minta tolong ditanganin oleh yang ahli, alias dibawa ke tukang service laptop.

Namun berdasarkan pengalaman penulis ada hal lain yang bisa menyebabkan laptop sering hang, macet atau restart sendiri, yaitu batrai laptop yang 'sepertinya' menjadi penyebab utamanya. Kemungkinan besar batrai laptop sudah mulai rusak dan mengganggu pasokan tegangan ke dalam komponen-komponen laptop. Berdasarkan pengalaman penulis, batrai laptop sudah tidak bisa bertahan lama, jadi laptop udah kayak PC ngak bisa lepas dari charger listrik. Jadi pada suatu hari laptop sering banget macet yang akhirnya restart sendiri. Mulanya dikira laptop kepanasan, jadi pake cooling pad, tenyata masih sering macet. Ini sering terjadi walau laptop baru dinyalain. Dugaan selanjutnya program terlalu banyak, jadi dikurangin dan diuninstal program yang udah gak kepakai dan gak penting, eh tapi masalahnya masih belum teratasi. Digaan lainnya wireless kayaknya ada gangguan, jadi dinonaktifkan wifinya, tp masalah masih juga belum teratasi. Iseng mencoba mencopot baterai laptop, eh ternyata kasus macet dan restart sendiri ngak pernah terjadi lagi. Ternyata letak permasalahanya pada baterai yang mengganggu 'sirkulasi' tegangan pada komponen laptop.

Selamat mencoba....
Semoga Bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)