It’s My StartUp




Buku yang ditulis oleh Lahandi Baskoro ini berisi mengenai tips-tips mengembangkan dan bertahan dalam bisnis digital. Penulis merupakan Senior Content Strategist KASKUS, jadi sudah dipastikan amat berpengalaman dalam dunia StartUp. Penulis sendiri baru paham yang dimaksud dengan StartUp adalah suatu produk layanan, jasa digital yang dikembangkan menjadi suatu bisnis. Contoh layanan StartUp yang sekarang sudah besar dan terkenal yaitu: Facebook, Youtube, Kaskus, dst. Semua produk tersebut berawal dari StartUp. Nah didalam buku ini akan dipaparkan secaran mendetail mengenai StartUp, berisi 50 tips memasuki, memulai, dan mengembangkan bisnis StartUp.
Sumber Gambar: lahandi.be

Buku ini dipapakan dengan gaya yang mudah dipahami, serta enak untuk ‘dilahap’. Didalam buku banyak diselipi foto-foto dan kata mutiara dari orang-orang yang juga telah merintis bisnis StarUp. Intinya tata letak buku membuat kita nyaman untuk membcanya, serta mempermudah pemahaman kita. Berikut beberapa kutipan yang diambil dari buku ini:

Apa itu StartUp?
StartUp adalah organisasi yang berusaha menghasilkan produk dan mencari model bisnis yang tepat untuk berkembang.

Passion
Sebuah Starup seharusnya dibangun dari passion founder-nya. Membangun StartUp adalah perjalanan yang panjang. Akan sangat melelahkan jika StartUp yang kita bangun itu bukanlah sesuatu yang kita sukai. Namun, jika apa yang dikejakan itu adalah passion kita, begadang dan kerja dihari libur pun tidak terasa memberatkan.

Visioner
Seorang founder harus memiliki visi untuk StartUpnya. Ia harus memiliki mimpi besar pengaruh apa yang akan tercipta dari produk yang dibuatny di masa yang akan datang. Ia tahu ke mana StartUp-nya akan dibaw. Visi itulah yag akan jadi panduan selama StartUp itu berkembang.

Umur Tak Jadi Patokan
Kita sering mendengar para founder dari startup yang sukses itu memulai startUp-nya dari masa remaja. Ini dianggap wajar karena bidang teknologi dianggap sebagai dunia yang cepat sekali perkembangannya dan hanya anak muda kreatif yang bisa mengikuti dan mengembangkan ini. Tapi ini tak sepenuhnya benar dan jangan sampai ini juga membuat kita jadi ragu-ragu untuk memulai startup di umur yang sudah tak remaja lagi.

Drop Out
Para miliuner teknologi sering dikaitkan dengan drop out saat masa kuliah. Padahal, ini tidak sepenuhnya benar. Orang-orang yang berani mengambil keputusan drop out kemudian memiliki startUp yang luar biasa sukses adalah spesies founder yang super langka.

Jika dibaca sekilas tips-tips yang dipaparkan terlihat sangat sederhana, namun banyak dari kita yang belum tau atau malah terlupakan. Untuk yang ingin memulai, mengembangkan suatu StartUp buku ini bisa dijadikan salah satu panduan untuk memotivasi diri untuk lebih bisa bertahan dalam persaingan dunia StartUp yang semakin ketat.

Selamat Membaca…
Semoga Bermanfaat….

Comments

  1. Replies
    1. Hehe... masih baca-baca buku orang dulu....
      Makasih udah mampir gan...

      Delete
  2. kelihatanya bukunya bagus nih, reviewnya mantap min... izin bookmark buat referensi

    ReplyDelete
  3. Ya, gan bukunya keren untuk refrensi bg yg pingin buat start up...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)