Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)

Charger laptop merupakan perangakat yang penting dalam pengoprasian laptop. Apalagi apabila laptop yang udah kayak Komputer, alias ketergantungan dengan charger karena baterai telah rusak. Bila kita mengalami charger tidak masuk tegangannya, sehingga tidak bisa mensuplay sumber tegangan ke laptop, otomatis kita tidak bisa menggunakan laptop sebagamana mestinya. Jika kita memiliki jam terbang tinggi dalam kebutuhan penggunaan laptop untuk pengerjaan tugas umpamanya, udah pasti akan terhambat karrena gangguan ini.

Ternyata masalah ini terkadang bisa cepat kita atasi, asal kita mau sedikit mencoba mengecek charger tersebut. Alat yang kita butuhkan cukup sederhana, multimeter yang memiliki buzzer, selotip listrik, gunting atau karter. Kita cukup mencari kabel yang terputus, dengan menggunakan multimeter yang berbuzer. Biasanya kabel putus karena sering kita gulung, atau tertindih/ terjepit saat penggunaan. Letak putus biasanya di bagian sambungan antara charger dengan kabel.
Kabel terputus diatnra sambungan charger & kabel
Kabel yang teputus tersebut kita solder perlahan hingga menyatu kembali. agar aman kita plester kabel yang terbuka. Kebetulan ada isolasi putih yang biasa digunakan untuk pipa atau keran bisa kita manfaatkan juga.
Kabel di dibalut isolasi pipa/ keran
Biar tambah aman dan rapi kita bisa tambah isolasi dengan isolasi listrik yang berwarna hitam. Agar hasil sambungan tetap aman dan kuat kita bisa manfaatkan karet yang terdapat pada balpoint untuk menjadi pelindung tambahn kabel sebelum diisolasi.
Kabel dibalut isolasi listrik
Dengan demikian charger dapat kita gunakan lagi, dan kabel lebih aman dari resiko terputus lagi. Untuk permasalahan kerusakan yang lebih parah, komponen charger umpamanya kita membutuhkan keahlian lebih. Penulis pernah membongkar charger ASUS untuk mengecek pengkabelannya. Ternyata setelah dicek oleh yang lebih ahli, ternyata ada komponen IC yang rusak. Kalau sudah masalah IC yang rusak kemungkinan akan sulit untuk diperbaiki, dikarenakan komponen pengganti yang tidak dijual dipasaran.
Charger Laptop ASUS yg berhasil dibongkar
Untuk membongkar charger bisa dikatakan sulit. Dikarenakan Charger laptop menggunakan sitem clem yang kuat, sepertinya ditambahkan lem juga. Akhirnya untuk membukanya dibutuhkan tenaga lebih. Kita juga harus memperhatikan ada tidaknya baut yang digunakan. Biasanya baut disembunyikan dibalik stiker yang tidak tampak atau mengecoh.
Saat membuka perhatikan stiker yang menutupi baut
Jika sudah tidak bisa diperbaiki, dengan tepaksa kita harus membeli charger yang baru. Dalam membeli Charger perlu diperhatikan tegangan dan arus keluaran dari charger tersebut. Jika mengalami perbedaan yang jauh dari keluar charger awal, perlu hati-hat karena bisa merusak komponen laptop. Kalau memungkinkan bisa membeli charger original laptop agar menghindari kerusakan yang lebih jauh.

Selamat mencoba ..
Semoga Bermanfaat...

Comments

  1. Mantap tutorialnya gan, disertai dengan gambar jadinya tambah jelas.

    ReplyDelete
  2. Susah bnr gan buka kepala charger laptop Asus nya, ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan, memang susah banget. Coba di buka baut yang ditutup pakai stiker itu dulu gan, baru di bantu congkel pakai obeng minus atau semacam pisau.

      Delete
  3. Kak charger ku juga kyk gitu, nah wktu ngecas gk msuk, jdi bingung kak, kesalahannya dmna y?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino