Memperbaiki Kabel CERAGEM yang terputus

Sebelum ke tahap memperbaiki kabel ceragem ada baiknya kita mengetahui apa itu veragem terlebih dahulu.

Mengutip dari situs nasional.kompas.com Ceragem adalah sebuah terapi pengobatan yang berasal dari Korea Selatan. Alat terapi kesehatan ini di klaim sebagai perpaduan pengobatan alamiah Timur dan Barat. Dengan menggunakan pancaran sinar infra merah jauh (far infrared rays), alat ceragem akan bekerja pada titik-titik tubuh tertentu 
(nasional.kompas.com/read/2008/11/20/14194253/ceragem.terapi.alternatif.infra.merah)

Dari tampilan fisiknya, ceragem terdiri dari beberapa tonjolan yang berwarna hija, yang terbuat dari batu giok. Saat pengoprasiannya kita dapat mengatur tingkat panas dari batu giok tersebut. Alat ini dapat mempertahankan titik panas yang telah di tentukan secara berkala. Jadi apabila suhu menurun, secara otomatis pemanas diaktifkan hingga suhu mencapai titik yang di tentukan diawal terapi, bila telah mencapai titik dituju pemanas akan mati.
Konektor luar kabel Ceragem

Dalam penggunaanya alat ceragem sering digeser-geser untuk diletakkan pada titik-titik tertntu pada tubuh. Dengan seiringnya waktu seringkali terjadi gangguan pada alat ini. Yaitu alat pemanas, atau batu giok suka tidak aktif. Penyebab yang biasa terjadi disebabkan oleh kabel yang mulai putus diakibatkan pergeseran tersebut. Titik utama yang sering terputus di antara sambungan alat dengan kabel.
Konektor dalam kabel ceragem

Untuk mengetahui kabel mana yang terputus kita membutuhkan multimeter. Dengan multimeter kita bisa menggunakan dua mode untuk mendeteksi kabel putus, bisa dengan mode pengukuran hambatan atau mode buzzer. Penulis menggunakan mode buzzer. Kita coba deteksi kabel dengan mencoba mengukur atau mencari kabel terputus dari konektor dalam dan konektor luar kabel ceragem. Setelah ditemukan kabel yang terputus, kita bisa membuat jumper kabel yang terputus dengan kabel tambahan dari luar. Untuk hal ini tergantung dari kreatifitas kita masing-masing. Setelah berhasil dibuat jamper, langkah selanjutnya merangkai ulang ceragem seperti semula dan melakukan percobaan langsung. Jika masih belum berhasil dapat mengulangi langkah-langkah selanjutnya.
Tampilan dalam dari alat ceragem

Tutorial ini hanya untuk permasalahan yang sederha, yaitu kabel yang terputus, untuk kerusakan yang terjadi pada komponen dalam tidak dibahas pada tutorial ini.

Selamat mencoba...
Semoga Bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)