Management Waktu

Waktu tak terasa sering terlewat tidak terasa, terasa entah kemana, tanpa sadar sudah terlewat begitu saja. Tak terasa umur terus bertambah. Kita kadang sering terlena dalam menggunakan waktu yang kita miiki. Penulis sendiri sering banget merasa waktu terlewat dengan melakukan hal sia-sia. Main game contohnya, atau melakukan hal yang sifatnya hiburan. Hiburan sih boleh aja tapi kalau kebanyakan kan bisa ain ceritanya. Namun saat kita dikejar deat line, terdesak karena merasa tidak memiliki waktu mengerjakan tugas contohnya, disaat itu kita sadar betapa berharganya waktu.
Sumber Gambar: www.ronapresentasi.com

Waktu adalah modal utama setiap orang. Yang membedakan seseorang bisa diliat dari bagai mana seseorang menggunakan waktunya, di arahkan kemana, dilalui untuk apa. Contohnya seorang yang belajar dengan rajin dan tekun akan berbeda dengan yang hanya bermalasan, hasil ujiannya sudah pasti berbeda antar kedua orang ini. Sadar atau tidak waktu adalah hal yang amat berharga dan sering kita sia-siakan. Oleh karena itu kita harus berusaha untuk mengatur waktu yang kita miliki agar bisa terarah dan terasa lebih bermakna saat dijalani.

Idealnya (dalam menjalankannya terkadang terasa sulit) ada beberapa hal yang bisa kita lakukan:

- Membuat jadwal kegiatan
- Menentukan deatline dan target suatu tugas
- Lakukan hal positif dan bermanfaat.
- Banyak berkarya, walau itu hal yang amat sederhana
- Mempelajari hal baru, melakukan hobi posistif
- Sekali-kali istirahat, berlibur dengan kadar yang pas atau seseuai kebutuhan dan tidak berlebih
- Cari lingkungan positif yang membantu sling mengingatkan
- Sesekali perlu dievaluasi atau di cek penggunaan waktunya
- Saat terdesak, dan kita terpaksa (merasa kekurangan waktu) memforsir diri, jangan lupa beristirahat dan beri penghargaan diri (reward)

Tambahan informasi yang diktipdari buku AAgar Rencana selalu Berhasil yang ditulis oleh Muhammad Nabil Kadzim dipaparkan dalamam mengisi waktu kosong ada beberapa yang bisa dilakukan:
a. Menentukan waktu pasti untu mengerjaan tugas
b. Tidak mencampurnya dengan pekerjaan-pekerjaan lain
c. Mulai bekerja meski terasa malas
d. Tidak banyak basa-basi dengan orang lain dalam waktu kerja
e. Menertibkan dan menata benda-benda yang tergeletak di depan kita
f. Mengatur waktu untuk menonton televisi
g. Menyibukkan diri ketika berada dalam waktu kerja, dan
h. Segera membuu kesempatan selagi masih dalam waktunya.

Dalam pelaksanannya pasti terkadang terasa berat, rasa malas yang hinggap, dan kedisiplinan yang belum dimiliki. Namun setidaknya kita elalu berusaha untuk mempelajari cara memanagement waktu dan perlahan namun pasti kita akan bisa melakukannya. Asal ada niatan yang tetap membara dalam hati untuk selalu mau belajar mengatur waktu yang dimiliki.

Semoga bermanfaat....

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)