Menghargai Waktu

Sadar atau tidak kita hidup dibatasi oleh waktu, detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam dan seterusnya. Waktu adalah aset yang paling dasar dan mahal bagi setiap orang. Yang membedakan setiap orang adalah bagaimana seorang mengisi waktunya. Apakah untuk hal positif atau negatif.



Terasa tidak mudah sebenarnya untuk menghargai waktu ini, kita sering terlena oleh hal-al yang bersifat hiburan, senang senang, tanpa sadar kita bisa melakukan hal yang lebih positif dan bermanfaat. Penulis sendiri pun masih sering melewatkan waktu melakukan hal yang bersifat hiburan saja.

Orang lebih menghargai waktunya biasanya melakukan hal berikut ini:

- Memiliki jadwal kegiatan sehari-hari, mingguan, atau bulanan.
- Memiliki skla perioritas
- Memanfaatkan waktu untuk hal yang bermanfaat
- Tidak tidur secara berlebihan
- Memiliki jurnal/ catatan evaluasi diri, baik dalam kegiatan keseharian atau pengunaan waktu
- Berusaha selalu bergaul dengan orang yang produktif
- Berusaha bekerja efektif dan efisien
- Menjaga keseimbangan, baik antara hak dengan kewajiban, bekerja dan istirahat, lingkungan atau diri sendiri, dst

Poin diatas adalah beberapa poin yang biasa dimiliki orang yang selalu berusaha menghargai waktunya. Dalam kenyataannya masih banyak kok poin yang lain.

Setiap orang memiliki cara dan strategi sendiri dalam mengelola waktu yang dimiliki, memiliki tantangan sendiri-sendiri. Ada kalanya kita merasa begitu malas dan tak menghiraukan waktu yang telah terlewat, merasa terlalu lelah atau sibuk terikat oleh jadwal. selalu butuh penyesuaian terhadap suatu keadaan yang terkadang tidak terpikirkan dan tak sesuai rencana.

Namun pada intinya jika kita telah berusaha dan berniat untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, hasil yang didapat akan lebih baik dari pada waktu yang tidak dikelola sama sekali. Jangan sampai berpikiran "Ah, malas membuat jadwal, skala prioritas, sia-sia banyak yang tidak bisa terlaksana!!". Kebanyakan hal ini sering terjadi, namun jika kita selalu berusaha untuk mencoba, lama kelamaan yakin kita bisa lebih memanfaatkan dan menghargai waktu yang kita miliki...

Semoga bermanfaat.....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)