Menjaga Pandangan

Menjaga pandangan, menutup aurat bagi wanita telah di atur dalam tuntunan ajaran agama Islam. Hanya banyak dari kita yang tidak mengindahkannya. Entah karena belum tahu, masih belum siap atau malah menolak perintah tersebut. Sebagai umat Islam yang beriman dan bertakwa tentu kita harus menjalankan perintah tersebut. Berikut dalil yang tertera dalam Al-quran:


Anjuran untuk menjaga pandangan baik bagi laki laki dan perempuan tertera pada Surat An Nuur (Cahaya) Ayat 30-31, serta panduan untuk menggunakan hijab/ kudung yang menjulur hingga menutupi dada bagi wanita, serta tidak menampakkan perhiasan yang digunakannya. Berikut kutipan ayat Al-Qurannya:

Surat An Nuur (Cahaya) Ayat 30-31 yang artinya :

(30) Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman : "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluanya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat"

(31) Katakanlah kepada wanita yang beriman : "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah meeka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutup kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka. atau ayah mereka. atau ayah suami mereka. atau putra-putri mereka, atau putra-putra suami mereka. atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka. atau putra saudara perempuan mereka. atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mreka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Ayat ini memaprkan secara jelas anjuran untuk menahan pandangan mata baik bagi laki-laki dan wanita beriman serta menjaga kemaluannya. Pada kaum hawa diperintahkan untuk menggunakan hijab yang menjulur hingga menutupi dadanya dan tidak menampakkan perhiasan yang dimiliki. Ayan ini ditutup dengan ajakan untuk bertaubat, Dengan demikian kita akan menjadi insan yang beruntung, baik di kehidupan dunia dan kehidupan akhirat.

Dari ayat ini, jika kita menjalankan perintah ini ada banyak hal yang bisa kita proleh:
- Denfan menjaga pandangan kita akan menjadi orang yang lebih tenah, tidak terbakar oleh gejolak nafsu yang muncul karenanya. Ada pepatah yang sering mengatakan dari mata turun kehati. Ya, pesan tersebut ada benarnya, berawal dari pandangan bisa berlanjut menjadi tertarik, dan ada kemungkinan mendekati jina. Ya, setidaknya zina hati. Dengan menjaga pandangan kita akan terhindar dari zina.
- Untuk kaum hawa, diperintahkan menggunakan hijab yang menutup hingga dada, tentu bertujuan untuk memuliakan kaum hawa, menghindarinya dari pandangan-pandangan kaum adam yang tak terjaga. Selain itu sebagai tanda bahwa ia seorang muslimah.
- Bagi kaum hawa untuk tidak menampakkan perhiasanya, tentu hal ini akan melindunginya pula dari niat jahat orang. Pencurian, penjambretan dan sebagainya kemungkinana karena ada peluang. Selain itu dengan tidak menampakkan perhiasan, tentu mengajarkan kita untuk tidak sombong dan suka pamer. Sederhana dan bersahja tentu akan lebih menenangkan hati.

Penulis sendiri masih belajar, setidaknya kita mau belajar, sharing biar tambah inggat,

Semoga bermanfaat.....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)