Teruslah menulis, sarana mengasah ingatan

Menulis mungkin bagi sebagian orang adalah kegiatan yang sangat tidak menyenangkan. Bagi sebagian orang begitu mengasikkan bila bisa menuliskan suatu karya. Tentu tiap orang memiliki hobi, kebiasaan dan kesukaan yang berbeda beda. Namun jika kita sering menulis, banyak lho manfaat yang bisa kita peroleh, berikut beberapa manfaat yang bisa kita peroleh :
Mafaat yang kita peroleh dari tulis menulis banyak sekali:
  • Melatih ingatan. Dengan menulis kita secara tidak langgung mengikat ingatan kita dalam bentuk tulisan. Jadi seandainya kita melupakannya kita bisa mengingat kembali dengan membaca tulisan yang terlah kita tulis. Berbeda jika hanya dalam omongan, usai kita bicara kemungkinan besar kita akan melupakannya.
  • Sebagai tempat curhat yang aman. Menulis bisa juga dijadikan media penyaluran perasaan, baik itu senang, sedih, dll. Biasanya di tulis disebuah buku jurnal atau media lainnya. Tentu tulisan ini bukan dengan maksud untuk disebar ke publik, seperti di share di media sosial, tentu jadi tidak aman.
  • Menjadi sarana untuk melatih kemampuan berbahasa. Dengan menulis setidaknya kita melatih diri untuk memperbanyak kosa kata, memperbaiki struktur penulisan, meluas kamus bahasa kita. Tentu ini memerlukan waktu untuk menjadi seorang ahli berbahasa, utamanya tulis menulis
  • Sebagai sarana menyebar ide, pemikiran, gagasan kita. Dengan menulis kita bisa menyampaikan apa yang kita pikirkan kepada orang lain. Baik gagasan, ide, pemikiran. Tentu akan menjadi sarana yang mudah untuk mentransfer pemikiran kita, kedapa pembaca tulisan kita. Medianya bisa berupa buku, tulisan di blog, koran, dll.
  • Saran untuk menunjukkan eksistensi diri. Dengan menulis seseorang ada lho yang bisa jadi lebih eksis. Contohnya penulis kisah novel, cerpen, buku, jika tulisannya digemari tentu si penulis akan lebih dikenal oleh penggemar dari tulisannya. Ya, tapi kalau penulis yang benar-benar, eksistensi diri bukanlah dijadikan tujuan utama.
  • Jika profesional tentu bisa jadi tempat meniti karier yang bagus. Jangan meremehkan profesi sebgai penulis, jika diasah terus menerus, menghasilkan karya yang bisa dinikmati banyak orang. Tentu bisa menjadi sarana untuk meniti karier, dijadikan sebagai profesi yang menjanjikan. Tapi tentu kita harus bisa dan memiliki keahlian sebagai seorang penulis yang profesional.
Itulah beberpa manfaat dari sekian banyak manfaat dari menulis yang ada. Penulis pun masih berproses untuk lebih menikmati proses tulis menulis. Masih belajar untuk lebih konsisten dan profisional dalam tulis menulis. Masih menulis karena hobi, kesenangan saja. Masih jauh dari yang mananya profesional.

Semangat belajar...

Semoga Bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)