Boleh Feed Water Pimp (BFWP)

BFWP adalah pompa yang digunakan untuk memompa air panas yang berasal dari hasil pemanasan awal yang ditampung di daerator menuju ke ekonomizer yang akan dipanaskan lebih lanjut. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

BFWP merupakan ekuipment pokok bagi suatu sistem di PLTU. Air yang dipompa merupakan air yang bersumber dari kondenser yang melalui beberapa ekuipment pemanasan awal. Biasanya berupa low pressure heater (LPH), high pressure heater (HPH), gland seal, steam jet, atau daerator.

Saking urgennya, salah pengoprasian dari BFWP ini bisa mengakibatkan terjadi trip sistem secara keseluruhan. Wah kok bisa?. Ini dikarenakan BFWP merupakan ekuipment utama yang menyediakan pasokan air ke boiler yang akan dijadikan steam di steam drum. Jika pasokan air tidak terpenuhi di boiler, sedangkan level air di steam drum mendekati batas bawah proteksi, Seca otomatis sistem akan mengetripkan (mematikan) secara keseluruhan demi menjaga keamanan ekuipment.

Kalau seandainya proteksi dari level steam drum di lepas, dengan maksud untuk mencoba penanganan masalah level steam drum dengan cara mencoba mengaktifkan BFWP cadangan, ini tidak boleh lebih dari kisaran 5 - 10 menit. Jika lebih dari itu pipa-pipa jalur air dan steam yang ada didalam furnice akan mengalami kerusakan. Jika pipa ini rusak maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk perbaikannya.

Dalam pengoperasiannya kita harus menjaga level oil dari motor coupler, yang berfungsi sebagai pengatur kecepatan putaran motor BFWP. Selain itu parameter saling bearing juga harus tetap diamati.

Mungkin itu dulu yang bisa dishare...

Semoga beanfaat.....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)