Manajemen Stress

Stress bagi sebagian orang sudah menjadi hal yang biasa. Apalagi bagi orang yang hidup di kota besar, tuntutan pekerjaan yang tinggi, tanggungjawab yang besar. Hal ini tentunya bisa berdampak buruk bahkan bisa berbahaya bagi kehidupan seseorang. Oleh karenanya kita perlu belajar untuk mengelola, mengatur atau memanajemen stress itu. Yuk simak beberapa tipsnya:

Sebelum ke tips manajemen stress ada baiknya kita mengenal gejala dari stress itu. Berikut beberapa tanda kita terjangkiti stress:


  • Mengalami susah tidur. Biasanya orang yang stress mengalami gangguan tidur. Bisa karena pikiran yang tidak tenang saat menghadapi suatu permasalahan, tuntutan kerjaan dan tugas.
  • Migren atau kepala pusing. Ya, karena pikiran yang rada kacau tentu membuat saraf di otak mengalami gangguan. Salah satu indikasinya pusing ini.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Mengurung dan menutup diri. Biasanya jika stress melanda ada sebagian orang yang ingin menyendiri.
  • Malas melakukan sesuatu. Jika stress melanda biasanya orang kehilangan gairah hidupnya, hobi dan kesenangan yang biasa dilakukan menjadi ditinggalkan.
Itulah beberapa gejala stress yang biasa dialami, masih banyak gejala yang bisa kita jadikan alarm atau pengingat bila kita sedang mengalami stress. Nah selanjutnya beberapa tips untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan stress kita.

  • Berolahraga rutin. Loh kok bisa? Apa hubungannya stress dengan olahraga?. Dengan olahraga kita memacu darah kita untuk lebih mengalir, menghasilkan zat penenang bagi tubuh (kalau gak salah namanya dopamin). Selain itu dengan olahraga kita membakar adrenalin dalam tubuh yang membuat kita merasa tegang. Dengan olahraga rutin dan teratur kita akan lebih tahan terhadap stress
  • Menulis dicatatkan harian. Ini sangat membantu kita, selain belajar untuk berbicara dengan diri sendiri, mengenal lebih dalam diri kita sendiri, dengan menulis catatan harian kita bisa menyalurkan perasaan negatif dalam pikiran dan hati. Dengan demikian kita akan menjadi lebih tenang. Bahkan mungkin saja dengan menulis ini kita dapat menemukan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi.
  • Silaturahmi. Sabda nabi Muhammad SAW, dengan bersilaturahmi maka akan dipanjangkan umurnya dan dimudahkan rezekinya. Sudah pasti dengan banyak bersilaturahmi, kita akan merasa beruntung dan tersadarkan bahwa masih banyak orang yang lebih susah dari keadaan kita. Jadi hilang deh perasaan bahwa kita adalah orang paling menderita sedunia (lebay banget).
  • Curhat ke ortu, teman atau orang yang dipercaya. Ini bisa juga jadi solusi, saat kita mengalami suatu tekanan yang membuat diri menjadi stress ada baiknya kita membuka diri, sampaikan keadaan hati dan pikiran, dengan demikian kita akan lebih lega. Solusi terkadang bisa diperoleh. Namun pilih-pilih orang ya, jangan sampai info yang tidak ingin disebar malah disebarluaskan.
  • Doa. Doa sebenarnya adalah sarana kita curhat dengan Allah SWT. Kita sampaikan keadaan kita, mohon bimbingan dan ditunjukkan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi.
  • Lakukan kegiatan bermanfaat atau melakukan hobi. Kegiatan bermanfaat disini bisa refreshing, jalan-jalan, membaca, dll. Intinya yang membuat kita nyaman, dan setidaknya mengalihkan fokus kita dari tekanan atau keadaan yang menekan.
Tips di atas hanya beberapa poin, masih banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasi stress. Namun moga bisa membantu. Sebelum diakhiri ada beberapa poin tambahan:

Stress adalah pertanda kita masih hidup (ya iya lah), maksudnya stress muncul sebagai tanda kita untuk menghadapi atau lari dari suatu keadaan yang membuat kita terancam atau berbahaya.  Dalam kadar yang wajar sangat bermanfaat, namun jika berlebih dan tak terkontrol maka akan merusak jiwa, pikiran dan kesehatan fisik seseorang. Jika tidak cepat ditangani atau dibiarkan berlarut-larut maka bisa menjadi depresi, dimana keadaan terasa tidak bisa dikendalikan, hidup terasa seakan begitu menyiksa bahkan seakan berada di neraka, dan terkadang mengakhiri hidup menjadi pilihan. Nauzubillah. Oleh karenanya penting banget untuk bisa mengendalikan stress ini. Baik itu muda, tua, kaya, miskin, dst semua orang pasti pernah mengalami stress.

Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk penulis dan juga untuk pembaca..

Selamat mencoba....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)