Menghadapi kepribadian sulit

Tiap orang memiliki karakter yang berbeda, memiliki keunikan tersendiri. Ada yang ramah, jutek, pemarah, keras kepala. Berbagai karakter itu memiliki cara menghadapi yang berbeda-beda. Biasanya orang yang sulit untuk dihadapi adalah orang yang memiliki kepribadian sulit. Pemarah, kerja kepala, tak mau mengikuti kesalahan. Untuk menghadapi kepribadian sulit ini ada trik tersendiri, berikut trik yang bisa dicoba:


  • Biasanya cara terbaik menghadapi orang tipe sulit adalah mengalah. Mengalah disini tujuannya untuk menang.  Dengan mengalah kita akan menunjukkan bahwa kita bukan orang yang ingin menentang, atau menjadikan si tipe sulit sebagai musuh. Tapi ingat kita ada waktunya untuk menjelaskan, biar paham apa maksud kita mengalah.
  • Tetap bersikap baik kepadanya. Ini memang sulit membalas keburukan dengan kebaikan. Jika kita bisa melakukannya, bisa jadi si tipe sulit akan sadar diri akan kesalahannya.
  • Komunikasi coba diperbaiki. Dengan komunikasi yang baik tentu kesalah pahaman akan dapat dikurangi.
  • Kalau cara diatasi sudah dicoba namun tidak berdampak, bisa dicoba untuk menjaga jarak, menunjukkan ketidak sukaan kita terhadap sikap, watak atau karakternya. Dengan menjaga jarak tersebut kemungkinan ia akan lebih sadar dan berusaha memperbaiki diri.
Beberapa tips di atas mungkin tidak bisa memberi dampak yang berarti, perlu kesabaran, peraktik yang terus menerus. Kalau sudah mulai kesulitan menghadapi orang yang termasuk sulit tersebut, cara terakhir ya berusaha menjaga jarak saja. Tapi tetap untuk selalu berusaha memaafkan agar tidak ada rasa tidak nyaman dalam hati dan pikiran.

Selamat mencoba....

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)