Pengertian dan fungsi Daerator

Daerator bisa diartikan sebagai penampung air panas yang akan di alirkan ke ekonomizer yang nantinya akan dipanaskan lagi di boiler hingga menjadi uap kering. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

Tampilan daerator sebagai berikut:

Jadi air dingin yang berasal dari condenser atau hotwell akan di alirkan ke beberapa ekuipment pemanasan awal (gland seal, LPH, HPH, steam jet) yang tertampung di daerator sudah dalam keadaan cukup panas. Berkisar 100°c ke atas.

Selain sebagai penampung air panas, daerator juga bisa menjadi media pemanas awal juga. Di daerator air akan dinaikan suhunya beberapa derajat. Panas di daerator berasal dari ekstraksi atau sisa steam dari turbin.

Fungsi utama dari daerator adalah untuk mengurangi kadar oksigen di air. Dengan suhu yang panas, maka oksigen akan cenderung berkurang. Oksigen akan dibuang melalui saluran pembuangan atau venting yang ada di daerator. Pengurangan kadar oksigen ini dilakukan agar mengurangi korosi dan karat pada saluran pipa yang dilalui air dan uap.

Yang perlu di jaga selama pengoperasian yaitu temperatur dan pressure daerator. Tiap daerator memiliki nilai ideal tersendiri untuk nilai temperatur dan pressure nya. Penjagaan kedua nilai ini untuk menjaga oksigen di dalam air tetap rendah sesuai parameter.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)