Steam seal heater

Steam seal heater atau gland sealing heater merupakan salah satu ekuipment di PLTU yang memiliki beberapa fungsi. Beberapa fungsi tersebut adalah menghisap sealing dari turbin, pemanasan awal air, dan pengatur vakum. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

Gland sealing memiliki tugas utama untuk menarik steam hasil sealing dan udara yang berada pada turbin. Untuk melakukan tugas itu gland steam di bantu dengan kipas yang menyedot steam dan udara, yang akan dibuang ke atmosfer.

Selain membuang steam dan udara dari turbin, gland sealing heater berfungsi sebagai pemanas awal air. Panas yang diperoleh dari steam dan udara turbin, akan memanaskan air condenser. Air akan di alirkan ke low pressure heater untuk dipanaskan lagi ke tahap selanjutnya. Pemanasan yang berhasil dicapai biasanya air masuk 40°c keluaran setelah pemanasan menjadi 48°c.

Fungsi lainnya adalah menjaga kevakuman di condenser. Hal ini bisa dipengaruhi level air dari gland sealing. Pengaturan level bisa dengan 2 cara. Yaitu pengedrainan air langsung di buang, atau pengedrainan dengan di alirkan ke condenser. Pengedrainan dengan mengalirkan ke condenser lebih disarankan, agar tidak terjadi pembuangan air secara percuma. Level normal air idealnya berkisar di 250 ml. Jika terlalu tinggi maka air akan tumpah melalui jalur pembuangan steam dan udara. Namun jika terlalu rendah maka vakum akan mengalami penurunan. Jadi harus dijaga dilevel ideal.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)