Apakah Usaha = Hasil yang Kita peroleh?

Kalau di liat dari judulnya memang agak membingungkan. Tapi maksud dari judul di atas adalah apakah usaha yang kita lakukan akan memperoleh hasil yang sebanding dengan apa yang kita usahakan? Mungkin sebagian dari kita sering mempertanyakan hal ini dalam benak. Nah penulis punya pendapat pribadi untuk masalah ini.

Setiap orang pasti menginginkan hasil yang terbaik dengan usaha yang ringan, mudah, tidak sulit. Namun apa bener bisa begitu?

Menurun pendapat penulis apa yang kita usahakan akan mendapat hasil yang sebanding dengan apa yang kita usahakan, namun bisa juga lebih dari apa yang kita usahakan. Kok bisa begitu?

Contoh sederhananya, seandainya kita akan menghadapi ujian harian sekolah, di setiap harinya kita rajin belajar mempersiapkan diri. Di saat ujian kemungkinan besar kita akan lebih mudah untuk menjawab. Namun dari contoh ini kadang kita ada yang belajar sistem kebut semalam. Hasil yang di peroleh bisa saja sama dengan orang yang belajar rajin bertahap. Namun yang contoh ke 2 lebih cendrung cepat mengalami stress. Ada contoh ke 3. Yang sebelum ujian tidak pernah belajar, namun saat ujian menggunakan jalan pintas, dengan membuat contekan atau bekerja sama saat ujian. Hasil yang didapat bisa sama dengan contoh yang lain. Tapi banyak kerugian yang didapat, dari otak yang tak terasah, memiliki kepribadian yang tak sematang yang belajar dengan perjuangan serta tidak percaya diri dengan kemampuannya.

Nah dari contoh di atas masih banyak kombinasi yang bisa terbentuk. Dari yang rajin namun dapat nilai jelek, dari yang malas dapat nilai bagus dan seterusnya. Namun menurut penulis lagi nih ya, orang yang berusaha lebih akan memperoleh lebih, walau di mata orang dia merugi. Masak ada? Orang yang berusaha dengan niat yang baik dan lurus. Walau menurut orang gagal atau merugi namun untuk orang yang selalu positif perjuangannya tidak akan pernah sia-sia. Apalagi kalau berusaha dibiakkan untuk ibadah, pahalanya bisa mengalir tuh.

Untuk yang pernah muncul nih rasa kesal, penyesalan atau kegelisahan karena apa yang diusahakan mendapat hasil tidak sesuai dengan diharapkan, ada baiknya instrospeksi diri dulu, evaluasi diri. Pasti banyak kesalahan yang tak kita sadari, banyak hal yang perlu diperbaiki, ternyata usaha kita belum maksimal.

Banyak bersyukur dan sering mengevaluasi diri bisa jadi jalan keluar, yang membuat hati lebih tenang dan lega, disaat kekecewaan muncul karena usaha dan hasil yang diperoleh tak sebanding.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)