Mengelola Keuangan Gaji di Awal Bulan

Pernah nggak merasa gaji bulanan yang di dapat selalu tidak cukup. Baru di pertengahan gaji bulanan sudah habis. Kok bisa begitu ya? Sepertinya perlu pengelolaan keuangan yang baik di awal bulan. Mungkin tips ini bisa di coba:

Perlu di ketahui sifat dasar manusia adalah selalu tidak pernah puas diri, selalu saja merasa kurang. Mendapat penghasilan segini terasa kurang, mendapat penghasilan segitu masih kurang. Kecuali kita mensyukuri apa yang kita dapat.

Nah setelah bersyukur adabaiknya kita belajar mengelola keuangan kita. Biasanya ada beberapa hal yang membuat kita begitu boros:

  1. Terlalu banyak keinginan. Biasanya ini bagi orang yang selalu ingin berbelanja. Mengupdate penampilan, mengejar gengsi dll.
  2. Tidak memiliki skala prioritas pengeluaran. Kalau kita nggak pertimbangkan kita suka membeli barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan.
  3. Berhutang. Entah itu meminjam di teman atau di bank. Tentu hal ini membuat gaji bulanan kita akan berkurang.
  4. Gaya hidup yang glamor. Bagi beberapa orang suka hidup dengan mementingkan merk, pamor dan terlihat elit. Tapi sebenarnya dari segi finansial belum bisa mencukupi.
  5. Terlalu sering mensurvei barang di mall atau toko online. Terkadang kita terpengaruh dan tergoda untuk berbelanja saat melihat ada barang yang di diskon besar-besaran. Walau sebenarnya barang itu tidak terlalu di butuhkan.
Itu beberapa penyebab yang biasanya membuat gaji bulanan terasa tidak pernah cukup. Nah gimana agar penghasilan kita selalu tercukupi? Beberapa tips ini bisa dicoba:
  1. Merencanakan pengeluaran di tiap bulannya. Coba kita rencanakan akan kita belanjakan untuk apa saja penghasilan bulanan kita. Perkirakan pula anggaran operasional bulanan kita. Operasional bulanan bisa berupa bensin transportasi, makan, listrik dll.
  2. Setelah tahu biaya operasional bulanan kita, kita coba untuk menabung beberapa bagian dari gaji kita, dan jangan di ganggu gugat. Di anggarkan juga data tak terduga ya.
  3. Mengurangi atau meninggalkan jalan-jalan ke mall atau melihat-lihat toko online. Karena kalau ada diskon besar-besaran kita akan tergoda untuk berbelanja.
  4. Belajar melalui buku, internet, atau orang yang berpengalaman mengenai cara mengelola uang. Ini sangat membantu. Dengan pengetahuan dan ilmu manajemen keuangan gan yang terus diperbarui otomatis kemampuan memanajemen keuangan kita meningkat.
  5. Kurangi atau tinggalkan gaya hidup yang terlalu mementingkan merek, pamor. Utamakan fungsi barang serta kegunaannya. Walau harga lebih murah namun fungsinya tidak kalah dengan yang bermerek, kenapa tidak dicoba.
Semua itu tergantung dari pribadi kita masing-masing, tanggung jawab pribadi. Namun dengan kemampuan mengatur keuangan kita bisa mengatur juga masa depan kita. Yang masih bujang, mungkin menabung untuk modal nikah, yang sudah berkeluarga mengumpulkan modal untuk membeli rumah sendiri, dst.

Emang terasa sulit, apalagi yang terbiasa agak boros dalam berbelanja. Penulis sendiri masih kesulitan, menjadi pengingat diri sendiri. Dengan kemampuan manajemen keuangan tentu kita akan lebih cepat mandiri dalam segi finansial.

Semoga bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)