Thursday, September 28, 2017

Yuk Puasa Asyura 9 & 10 Muharram

Tahun baru Hijriyah 1439 H baru beberapa hari terlewatkan. Di bulan Muharram ini ada puasa sunah yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah. Puasa Asyura, yang pada tahun ini jatuh di hari Jumat dan Sabtu besok (29 dan 30 September 2017). Ada beberapa keutamaan dari puasa Asyura, berikut penjelasan nya:

Puasa Asyura adalah puasa yang jatuh pada tanggal 10 Muharram. Puasa ini memiliki sejarah yang panjang, yaitu puasa yang dicontohkan nabi Musa As, sebagai rasa syukurnya kepada Allah SWT karena kaumnya Bani Israil di selamatkan dari kejaran kaum Fir'aun.

Puasa ini juga di lakukan oleh orang Yahudi dan Nasrani. Oleh karenanya untuk menyelisihi agar tidak sama dengan Yahudi dan Nasrani, Rasulullah ingin berpuasa di tanggal 9 Muharram di tahun selanjutnya. Namun sebelum tahun itu datang Rasulullah sudah wafat terlebih dahulu.

Oleh karenanya ada baiknya kita berpuasa tidak hanya di tanggal 10 Muharram saja namun juga ditanggal 9 Muharram. Yang pada tahun ini 2017, jatuh pada hari Jumat dan Sabtu (29 dan 30 September).

Keutamaan yang di dapat dari puasa 9 dan 10 Muharram ini adalah dosa 1 tahun yang lalu akan di ampuni. Tentu dosa yang di ampuni adalah dosa kecil, bukan dosa-dosa besar.

Oleh karenanya yuk kita raih keutamaan puasa Muharram ini.

Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru