Budaya Sunatan di Lombok

Tiap daerah memiliki kebudayaan masing-masing, dengan ciri khas tersendiri. Di Lombok terdapat beraneka ragam kebudayaan. Apalagi Lombok saat ini lagi gencar-gencarnya menjadi objek wisata. Nah dalam tulisan kali ini penulis inggin berbagi info budaya Sunatan di Lombok.

Di Lombok ada acara sunatan yang menarik dan kaya budaya. Anak yang sunatan akan di arak menggunakan kuda-kuda and yang di iringi dengan modul tradisional, gendang beleq.

Gendang beleq terdiri dari beberapa alat musik saat dimainkan. Ada gendang besar yang cara memainkan dengan dipukul, menghasilkan suara yang menggetarkan dan keras. Kau ada Kuningan besi yang berbentuk seperti tutup panci, ada gamelan yang menghasilkan suara yang khas, serta ada seruling. Perpaduan semua alat musik ini menghasilkan kombinasi musik yang penuh semangat dan khas

Terkadang rombongan arak-arakan sunatan selain di iringi gendang beleq, ada juga di iringi kecimol. Kecimol merupakan rombongan alat musik yang terdiri dari sound sistem, alat musik modern (gitar atau piano elektrik), dan penyanyi. Unsur modern dan anak muda lebih terasa untuk rombongan kecimol ini.

Di arak mengelilingi daerah tempat tinggal sebagai sarana siar memberi tahu tetangga dan warga bahwa sang anak telah di sunat.

Acara ini menjadi hiburan tersendiri bagi warga sekitar. Pakaian adat yang digunakan juga sungguh menarik dan kaya akan adat istiadat.

Hanya saja terkadang lalu lintas sering terganggu bila acara ini di lakukan di jalan utama. Terkadang menyebabkan kemacetan yang amat panjang.

Kurangnya lagi kalau ada acara sunatan ini, kadang malam sebelum diarak atau saat siang harinya ada acara saweran. Apalagi penyanyi dan penari sering bergoyang erotis, yang sangat tak layak diliat anak kecil. Yang menurut penulis tidak baik. Ya semoga hal ini di kemudian hari bisa ditinggalkan.

Kebudayaan yang baik dan positif sangat baik untuk teruskan, namun jika tidak baik dan buruk alangkah baiknya ditinggalkan. Perlu kebijaksanaan dari individu dan masyarakat

Berikut tampilan video nya:


Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)