Hati-hati Sholat tidak Sah karena Kesalahan "Kecil" ini

Sholat adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh semua umat Islam. Sholat adalah amalan yang paling utama dan amal yang paling pertama ditimbang di akhirat kelak. Maka apabila sholat kita tidak sah tentu kita termasuk orang yang amat merugi, terancam siksa dikubur dan di akhirat. Yuk simak amalan yang sering kita anggap remeh namun membuat sholat kita tidak sah.

Terkadang kita meremehkan sesuatu, namun ternyata sesuatu yang terlihat remeh itu menjadi penyebab kerugian besar terjadi. Termasuk kesalahan yang dianggap kecil namun menyebabkan sholat kita tidak sah, dan tentu menyebabkan kerugian besar di akhirat kelak.

Kesalahan "kecil" itu adalah kurang menjaga kesucian pakaian dari najis. Biasanya jika kita tidak hati-hati usai kencing, ada cipratan atau bekas tetesan pada kencing pada celana dalam kita.

Ada beberapa riwayat yang membahas ini. Bagi yang tidak membersihkan najis kencingnya dengan benar ada ancaman siksa kubur.

Berikut kutipan dari situs Rumaysho.com

Hadits berikut disebutkan oleh Ibnu Hajar Al Asqolani dalam Bulughul Marom saat membahas bab “Buang Hajat”.
وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – اِسْتَنْزِهُوا مِنْ اَلْبَوْلِ, فَإِنَّ عَامَّةَ عَذَابِ اَلْقَبْرِ مِنْهُ – رَوَاهُ اَلدَّارَقُطْنِيّ
وَلِلْحَاكِمِ: – أَكْثَرُ عَذَابِ اَلْقَبْرِ مِنْ اَلْبَوْلِ – وَهُوَ صَحِيحُ اَلْإِسْنَاد ِ
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bersihkanlah diri dari kencing. Karena kebanyakan siksa kubur berasal dari bekas kencing tersebut.” Diriwayatkan oleh Ad Daruquthni.
Diriwayatkan pula oleh Al Hakim, “Kebanyakan siksa kubur gara-gara (bekas) kencing.” Sanad hadits ini shahih.


Sumber : https://rumaysho.com/3768-banyak-siksa-kubur-disebabkan-kencing-yang-tidak-bersih.html


Dikutip dari situs media informasi dalam.net, mengenai kisah orang yang mendapat siksa kubur karena tidak membersihkan najis kencing ini.

Rasulullah saw bersabda,: 

" Kebanyakan siksa kubur itu disebabkan AIR KENCING." 

[Shahih, HR. Ahmad dan Ibnu Majah serta dishahihkan Syaikh al-Albani dalam Irwa'ul Ghalil (280)] Ibnu Abbas ra mengisahkan bahwa suatu hari Rasulullah saw melintasi dua makam, lalu beliau berkata,: 

"Sesungguhnya mereka berdua sedang disiksa, mereka keduanya sedang diazab, dan tidaklah keduanya diazab disebabkan suatu perkara yang besar (menurut kalian) . Salah satu dari mereka disiksa karena TIDAK SAMPAI BERSIH SAAT BERSUCI setelah BUANG AIR KECIL, sedangkan yang lain suka mengadu domba antara manusia.” ” Beliau lalu mengambil sebuah pelepah kurma yang masih basah, kemudian beliau belah menjadi dua bagian dan beliau tancapkan satu bagian pada masing-masing kuburan. Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan hal ini?” Beliau menjawab: “Mudah-mudahan diringankan azab tersebut dari keduanya selama pelepah kurma itu belum kering.” (Muttafaqun ‘alaih dari Ibnu Abbas ) 

Tuh kan, sangat merugi bagi kita jikalau kita tidak benar-benar bersuci usai kencing. Mendapat ancaman siksa kubur.

Mengetahui hal ini kita harus lebih berhati-hati dalam bersuci usai kencing. Hati-hati saat kencing, jangan sampai terkena cipratan. Disunnahkan untuk duduk saat kencing (penulis masih belum bisa), benar-benar membersihkan kemaluan dengan memperbanyak air cebokan. Meyakini air kencing sudah benar-benar bersih pada salurannya, biasanya jika belum tuntas akan keluar tetesan kencing. Untuk menghindari tetesan sisa kencing ini, kita bisa mengeringkan dengan tisu atau handuk.

Cara lainnya yaitu sering mengecek atau mengganti pakaian dalam. Jika ada aroma kencing bisa diganti dengan yang baru. Jika tidak memungkinkan, saat sholat kita menggunakan sarung / kain bersih.

Cara mensucikan najis kencing ini bisa dengan cara mencucinya hingga hilang warna dan aromanya. Tapi kadang kita ragu, dan tak yakin itu benar-benar telah suci. Nah untuk cari amannya ya diganti dengan yang baru atau menggunakan kain sarung yang suci saat sholat.

Semoga bermanfaat...

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)