Individual atau Kerjasama Tim??

Dalam bekerja tentu kita akan dituntut untuk menyelesaikan suatu tugas. Biasanya tugas memiliki target dan jadwal untuk penyelesaiannya. Hal ini tentu akan menjadi beban tersendiri bagi seseorang. Nah untuk itu ada pilihan, menyelesaikan secara individual atau tim?

Tugas yang diberikan memang ada yang bersifat individual, namun ada juga yang bersifat tim. Namun dalam penyelesaiannya kita masih bisa memilih untuk kerja individual atau Kerjasama Tim.


Contoh tugas individual menyelesaikan laporan kerja harian, yang memang menjadi tugas perorangan. Yang butuh kerja sama tim contohnya rencana penjualan bulanan, yang lebih butuh tenaga pemikiran dan waktu.

Untuk contoh di atas, tugas individual bisa kita kerjakan secara tim. Kalau ada yang kurang paham bisa didiskusikan dengan teman, bisa minta tolong pembagian tugas yang merata. Dengan demikian tugas lebih cepat selesai, tanpa mengurangi kemampuan kita dalam menyelesaikan tugas.

Yang menjadi point' penting dalam tulisan ini, dalam menyelesaikan tugas yang lebih besar sangat dibutuhkan kemampuan kerjasama tim. Selain lebih ringan, tugas lebih efektif efisien untuk diselesaikan, dan hasil yang diperoleh lebih bagus timbang kerja individu.

Dalam kerjasama tim dibutuhkan kemampuan berkomunikasi, empati, kesamaan tujuan. Orang dengan keahlian khusus dan di jadikan dalam satu tim, tentu lebih mudah menyelesaikan tugas yang l nih besar.

Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan kerja tim ini. Walau si pemimpin secara kemampuan teknis kurang, namun yang di butuhkan seorang pemimpin adalah kemampuan menghimpun orang untuk menyelesaikan suatu tugas.

Kerjasama tim tentu lebih baik dalam menyelesaikan suatu persoalan. Sangat perlu mengembangkan kemampuan dalam bekerja tim, namun tak lupa untuk tetap mengembangkan kemampuan individual.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)