Thursday, October 5, 2017

Ingin Memulai Bisnis, Bisa Mulai dari mana?

Pernah tidak kepikiran untuk memulai suatu bisnis baru. Entah sebagai penghasilan utama atau penghasilan tambahan untuk yang sudah bekerja. Namun kadang kita merasa bingung untuk memulai dari mana. Ada yang bilang harus punya modal, relasi, keberanian dst. Tapi mana sih yang betul. Yuk disimak...

Untuk memulai sebuah bisnis banyak aspek yang perlu kita persiapkan. Banyak pertanyaan , kehawatiran untuk memulai langkah untuk berbisnis.

Ada yang bilang beberapa hal ini harus dimiliki untuk memulai bisnis:

  • Mental berbisnis. Untuk berbisnis kita harus berani memulai, siap untung berarti harus siap untuk rugi. Selain itu karena saingan yang banyak tentu kita harus selalu berinovasi dan berkreasi terus menerus. Memberikan layanan yang terbaik.
  • Relasi. Jejaring pertemanan sangat membantu dalam memulai bisnis. Jejaring ini bisa dimanfaatkan untuk sebagai sumber pemasok atau supplayer barang atau sebagai konsumen.
  • Modal materi. Tanpa dipungkiri terkadang kita membutuhkan modal dana berupa uang. Baik untuk membeli bahan, biaya produksi dsb.
Penulis sendiri masih belajar teorinya dulu. Catatan ini di buat sebagai penguat untuk memulai langkah. Masih perlu banyak belajar.

Untuk memulai bisnis di jaman sekarang sudah mulai di permudah. Apalagi dengan perkembangan teknologi, banyak sekali toko online dan portal jual beli online. Produk kita lebih mudah dikenal dan di distribusikan ke seluruh Indonesia. Untuk mencari supplayer juga bisa kita manfaatkan portal jual beli online ini. Kadang selisih harga antara supplayer dan saat kita jual di daerah cukup menggiurkan.

Membuat perencanaan penjualan, pembukuan, serta evaluasi hasil penjualan tentu sangat dibutuhkan sat memulai dan mengembangkan bisnis.

Belajar memulai bisnis susah-susah gampang. Perlu banyak berlatih dan belajar...

Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru