Friday, October 13, 2017

Kenapa Shopee bisa memberi layanan gratis Ongkir?

Shopee adalah platform jual beli online. Tentu banyak yang sudah tau Shopee memberikan subsidi gratis ongkir ke seluruh Indonesia untuk pembelian dengan jumlah tertentu. Nah kira-kira kok bisa ya Shopee memberikan layanan tersebut?

Di dalam sistem shopee geratis ongkir diberikan bagi pembeli yang berbelanja dengan nilai Rp. 90 ribu untuk kurir ekspedisi JNE. Dan layanan geratis ongkir terbaru shopee bekerjasama dengan kurir J&T, dengan minimal pembelian Rp. 70 ribu. Subsidi yang diberikan tidak tanggung-tanggung, Rp. 30 ribu untuk pulau Jawa, dan RP. 40 ribu untuk di luar pulau Jawa. Jika lebih dari itu akan ditanggung pembeli.


Ketentuan geratis ongkir ini, tiap pembeli memiliki jatah 6 kali gratis ongkir dalam 1 bulan, dengan batasan dalam 1 Minggu hanya 3 x gratis ongkir, serta dalam 1 hari hanya bisa menggunakan 1 x layanan geratis ongkir.

Kepikiran nggak berapa besar yang dikeluarkan shopee untuk layanan ini??. Tentu kalau hitungan kasar kita tentu akan banyak sekali. Apa nggak rugi pihak Shopeenya? Penulis mencoba memperkirakan bagaimana Shopee bisa mengaktifkan layanan ini. Ini hanya pendapat penulis, mungkin ada benarnya namun bisa saja salah.

Layanan gratis ongkir pada shopee bisa bersumber dari:

  • Iklan dari pihak penjual. Tentu untuk jenis produk ternama atau toko yang ternama akan berani membayar besar ke pihak shopee. Di shopee ada label untuk official Store, ini menandakan ada toko asli di dunia nyata. Kemungkinan untuk ini perlu registrasi dan pembayaran tertentu. Selain official Store, ada juga Star Seller. Label ini untuk penjual yang sudah memiliki nama, dan banyak penjualannya. Kalau di Tokopedia mirip seperti mengaktifkan fitur gold merchant.
  • Iklan untuk promosi barang. Untuk tampil di pencarian teratas banyak penjual yang mengaktifkan layanan ini. Tentu dengan bayaran tertentu. Kalau di Tokopedia seperti mengaktifkan layanan topAds.
  • Bekerjasama dengan pihak kurir ekspedisi. Tentu kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Secara teknis penulis tidak tau bagaimana proses kerjasama antara shopee dengan ekspedisi JNE dan J&T. Kalau penulis sih berpikir Shopee memboking space pengiriman dengan ukuran dan berat tertentu ke tiap daerah.
  • Shopee merupakan platform besar. Kalau kita buka Shopee.com, tentu kita akan melihat beberapa bendera negara Asia, ini menandakan shopee bukan hanya ada di Indonesia. Tentu sumber dana dan keuntungannya lebih besar.
  • Mengurangi promosi. kalau kita lihat promo Shopee di TV tidak seramai toko online lain, ini mungkin bisa mengurangi ongkos untuk iklan, dan digunakan untuk layanan gratis ongkir.
Itu masih opini dan pendapat penulis. Mungkin ada teman-teman yang lebih tahu, bisa di share disini.

Senoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru