Menjaga kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ penting bagi manusia. Ginjal memiliki peran untuk menetralisir racun dalam darah, menjaga kadar air dalam darah, menjaga tekanan darah, dan banyak fungsi lainnya. Untuk itu dirasa sangat perlu bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan ginjal kita.

Dirangkum dari situs dokter sehat.com, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal:


  • Menjaga pola makan rutin dan sehat. Ternyata pola makan yang teratur sangat membantu kesehatan ginjal. Kalau untuk orang yang merasa terlalu sibuk, bahaya juga jika sampai suka lupa makan. Kemungkinan jika pola makan tidak teratur, nutrisi ke ginjal akan berkurang dan mengganggu kinerjanya. Selain itu makan sayuran dan buah-buahan yang ditanam organik tanpa bahan kimia tentu sangat baik bagi kesehatan, dan tak lupa untuk mengurangi makanan yang kaya akan garam.
  • Jaga tekanan darah dari tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi sangat mempengaruhi kinerja ginjal. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi beresiko mengalami gangguan ginjal, karena bekerja lebih keras. Selain gangguan ginjal, orang bertekanan darah tinggi beresiko terkena gangguan jantung.
  • Rutin berolahraga. Dengan berolahraga racun-racun dalam darah akan keluar melalui keringat, selain itu sirkulasi dalam aliran darah menjadi lebih lancar.
  • Minum air putih dengan cukup. Minum air putih minimal 6-8 gelas per hari.
  • Menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Kita sudah ketahui dua kebiasaan tersebut banyak memberi dampak buruk bagi kesehatan. Kalau untuk umat Islam minum alkohol adalah hal dosa yang harus dijauhi.
  • Hindari diri dari stress. Kita ketahui stress dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, selain itu apabila stress tak terkontrol tentu dapat memicu banyak penyakit, kesehatan fisik dan mental akan terganggu. Jika keadaan memang terpaksa membuat kita tertekan atau memicu stress ada baiknya kita belajar teknik manajemen stress, agar tidak berlanjut jadi lebih parah.
  • Melakukan general check up setidaknya 1 tahun sekali. Kadang kita sering meremehkan hal ini, termasuk penulis. Mungkin kita berpikir kita sehat selalu, atau mungkin kita merasa biaya pemeriksaannya cukup mahal. Namun tentu tak sebanding jika kesehatan kita terjaga. Jangan sampai kita baru sadar ginjal telah mengalami gagal fungsi saat kita merasa sakit yang parah.
Itu beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal kita. Karena kalau ginjal mengalami gangguan tentu fungsi tubuh lain akan terganggu. 

Mencoba lebih mengenal diri sendiri dalam hal kesehatan fisik juga sangat membantu, peka terhadap gejala yang dialami, baik itu gejala kecil atau pun besar. Jika merasa tidak bisa ditangani sendiri segera hubungi atau memeriksakan diri ke dokter. 

Semoga kita sehat selalu, tulisan ini menjadi pengingat untuk penulis pribadi, dan sobat pembaca moga bisa mengambil pelajaran juga. 

Untuk pembahasan lebih jelas masalah ini bisa di cari di situs kesehatan lainnya.

Semoga bermanfaat....

Comments

Popular posts from this blog

Tips Lulus Psikotes

Penyebab tidak bisa mengupload program ke Arduino

Memperbaiki Charger Laptop (Terputus)